PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA GERAK JATUH BEBAS KELAS X SEMESTER 1 DI SMA SWASTA KARTINI UTAMA SEI RAMPAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Jafri Haryadi, Halimah Tusakdiah

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran fisika karena fisika di anggap sulit dan kurang di gemari. Tujuan dalam penelitian ini untuk melihat ada pengaruh yang signifikan dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Alat Peraga terhadap hasil belajar fisika pada pokok bahasan Gerak Lurus .

Desain penelitian yang digunakan adalah two group Pretest and posttest design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar fisika siswa.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Swasta Kartini Utama Sei Rampah Kelas X IPA T.P 2016/2017 yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah siswa 90 orang. Sampel yang di ambil hanya dua kelas dari populasi. Variabel penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan  Alat Peraga dan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan gerak lurus.

Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 35,9 dan standar deviasinya 3,06 sedangkan nilai pre-tes kelas kontrol diperoleh  nilai rata-rata 34,63 dan standart deviasinya 3,19. Hasil uji t diperoleh  = 1,730 dan  = 2,002, karena  <  maka dapat dianggap bahwa kemampuan awal siswa untuk kedua kelas sama. Untuk  kelas eksperimen yang diberikan dengan  model Pembelajaran Berbasis Proyek diperoleh nilai rata-rata postes 78,96 dan standar deviasinya 4,23 sedangkan untuk kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata postes 73,1 dan standar deviasinya 3,16. Kedua sampel penelitian ini berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t, dimana  = 6,584 sedangkan  = 1,671 pada taraf nyata 0,05 karena  >  maka diperoleh adanya pengaruh yang signifikan pada model Pembelajaran Berbasis Proyek menggunakan Alat Peraga terhadap hasil belajar siswa pada sub materi pokok Gerak Lurus di SMA Swasta Kartini Utama Sei Rampah T.P. 2016/2017.

Full Text:

PDF

References


Amri. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Dan Menengah, Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara

Arsad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran , Jakarta : Rajawali Pers

Baharuddin, Wahyuni, Nur, Esa. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta:

Ar-ruzz Media.

Djaramah, Bahri, Syaiful, Zain, Aswan. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:

Rineka Cipta.

Istarani, 2015. Ersiklopedi Pendidikan, Medan : Media Persada

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.

Rusman, 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Sani, Abdullah, Ridwan, Muhammad.2015. Ensiklopedi Pendidikan.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Simbolon, Hotman. 2013. Statistika. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Sunarti, Rahmawati, Selly. 2013. Penilaian dalam Kurikulum 2013Membantu Guru dan Calon Guru Mengetahui Langkah – Langkah Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Sundayana, Rostina. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Trianto, 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual , Jakarta : Prenamedia Grup

https://muhammadkholik.wordpress.com/2013/11/08/metode-pembelajaran konvensional/

http://ekaikhsannudin.net/2014/09/model -pembelajaran-project-baased//




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v3i3.10869

Article Metrics

Abstract view : 198 times
PDF - 143 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter