PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA GERAK JATUH BEBAS KELAS X SEMESTER 1 DI SMA SWASTA KARTINI UTAMA SEI RAMPAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran fisika karena fisika di anggap sulit dan kurang di gemari. Tujuan dalam penelitian ini untuk melihat ada pengaruh yang signifikan dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Alat Peraga terhadap hasil belajar fisika pada pokok bahasan Gerak Lurus .
Desain penelitian yang digunakan adalah two group Pretest and posttest design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar fisika siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Swasta Kartini Utama Sei Rampah Kelas X IPA T.P 2016/2017 yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah siswa 90 orang. Sampel yang di ambil hanya dua kelas dari populasi. Variabel penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Alat Peraga dan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan gerak lurus.
Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 35,9 dan standar deviasinya 3,06 sedangkan nilai pre-tes kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 34,63 dan standart deviasinya 3,19. Hasil uji t diperoleh = 1,730 dan = 2,002, karena < maka dapat dianggap bahwa kemampuan awal siswa untuk kedua kelas sama. Untuk kelas eksperimen yang diberikan dengan model Pembelajaran Berbasis Proyek diperoleh nilai rata-rata postes 78,96 dan standar deviasinya 4,23 sedangkan untuk kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata postes 73,1 dan standar deviasinya 3,16. Kedua sampel penelitian ini berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t, dimana = 6,584 sedangkan = 1,671 pada taraf nyata 0,05 karena > maka diperoleh adanya pengaruh yang signifikan pada model Pembelajaran Berbasis Proyek menggunakan Alat Peraga terhadap hasil belajar siswa pada sub materi pokok Gerak Lurus di SMA Swasta Kartini Utama Sei Rampah T.P. 2016/2017.Full Text:
PDFReferences
Amri. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Dan Menengah, Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara
Arsad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran , Jakarta : Rajawali Pers
Baharuddin, Wahyuni, Nur, Esa. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta:
Ar-ruzz Media.
Djaramah, Bahri, Syaiful, Zain, Aswan. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
Rineka Cipta.
Istarani, 2015. Ersiklopedi Pendidikan, Medan : Media Persada
Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.
Rusman, 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Sani, Abdullah, Ridwan, Muhammad.2015. Ensiklopedi Pendidikan.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Simbolon, Hotman. 2013. Statistika. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Sunarti, Rahmawati, Selly. 2013. Penilaian dalam Kurikulum 2013Membantu Guru dan Calon Guru Mengetahui Langkah – Langkah Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Sundayana, Rostina. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Trianto, 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual , Jakarta : Prenamedia Grup
https://muhammadkholik.wordpress.com/2013/11/08/metode-pembelajaran konvensional/
http://ekaikhsannudin.net/2014/09/model -pembelajaran-project-baased//
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v3i3.10869
Article Metrics
Abstract view : 198 timesPDF - 143 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142