PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 21 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan metode Everyone is a Teacher Here terhadap hasil belajar siswa serta mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian two group pretest-postest design. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas. Hasil penelitian dari uji t dua pihak (pretes) menunjukkan nilai thitung = 0,855 dan ttabel = 2,002, maka thitung < ttabel, yang berarti kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama.Untuk nilai dari uji t satu pihak (postes) menunjukkan nilai thitung = 8,498 dan ttabel = 1,671, maka thitung > ttabel yang berarti hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran group investigation dengan metode everyone is a teacher here lebih baik daripada hasil belajar Fisika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S., (2016), Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta
Arends, R I., (2008), Learning to Teach : Belajar untuk Mengajar, Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Dimyati., & Mudjiono., (2013), Belajar dan Pembelajaran, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta
Hutagalung, A., & Usler S., (2015), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal Inpafi, 3(1) : 16-22
Qudsi, I., (2014), Pembelajaran Tutor Sebaya Materi Besaran dan Satuan Fisika, Dinamika, 4(3) : 1-10
Ruminiati., (2008), Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD, Depdiknas, Jakarta
Rusman., (2011), Model-model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru, Rajawali Pers, Jakarta
Said, M. A., Nirmayanti., & Nurlina., (2015), Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XA SMA Al Bayan Makassar, e-Journal Seminar Nasional Fisika, 4(1) : 43-46
Sagala, S., (2012), Konsep dan Makna Pembelajaran, Penerbit Alfabeta, Bandung
Sanjaya, W., (2010), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana, Jakarta
Santrock, J. W, (2007), Psikologi Pendidikan, Kencana Prenada Media Group, Jakarta
Sharan, S., (2014), The Handbook of Cooperative Learning, Istana Media, Yogyakarta
Silberman, M. L., (2007), Active Learning 101 Cara Belajar siswa Aktif, Pustaka Insan Madani, Yogyakarta
Slameto., (2010), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta
Slavin., R. E., (2005), Cooperative Learning : Teori, Riset, dan Praktik, Nusa Media, Bandung
Solichah., T. M., Trapsilo., & Yushardi, (2015), Implementasi Model Group Investigation (GI) Berbasis Masalah Kontekstual Dipadu Penilaian Proyek pada Pembelajaran Fisika di MA, Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1) : 26 - 31
Sudjana., (2002), Metode Statistika, Penerbit Tarsito, Bandung
Sudjana., (2010), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Syah, Muhibbin., (2008), Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Trianto., (2010), Model Pembelajaran Terpadu, Bumi Aksara, Jakarta
Wiratana., I. K., I Wayan Sadia., & Ketut Suma., (2013), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (Group Investigation) Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Sains Siswa SMP, e-Journal Program Pasca sarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1) : 1-12
Zaini, Hisyam., (2008), Strategi Pembelajaran Aktif, Pustaka Insan Madani, Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i2.12550
Article Metrics
Abstract view : 326 timesPDF - 191 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142