PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 21 MEDAN

Nurul Sakinah AR, Purwanto, M.Pd.,M.Si

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan metode Everyone is a Teacher Here terhadap hasil belajar siswa serta mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian two group pretest-postest design. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas. Hasil penelitian dari uji t dua pihak (pretes)  menunjukkan nilai thitung = 0,855 dan ttabel = 2,002, maka thitung < ttabel, yang berarti kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama.Untuk nilai dari uji t satu pihak (postes) menunjukkan nilai thitung = 8,498 dan ttabel = 1,671, maka thitung > ttabel yang berarti hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran group investigation dengan metode everyone is a teacher here lebih baik daripada hasil belajar Fisika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.


Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif; Group Investigation; Metode Everyone is a Teacher Here; Hasil Belajar Siswa.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., (2016), Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta

Arends, R I., (2008), Learning to Teach : Belajar untuk Mengajar, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Dimyati., & Mudjiono., (2013), Belajar dan Pembelajaran, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta

Hutagalung, A., & Usler S., (2015), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal Inpafi, 3(1) : 16-22

Qudsi, I., (2014), Pembelajaran Tutor Sebaya Materi Besaran dan Satuan Fisika, Dinamika, 4(3) : 1-10

Ruminiati., (2008), Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD, Depdiknas, Jakarta

Rusman., (2011), Model-model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru, Rajawali Pers, Jakarta

Said, M. A., Nirmayanti., & Nurlina., (2015), Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XA SMA Al Bayan Makassar, e-Journal Seminar Nasional Fisika, 4(1) : 43-46

Sagala, S., (2012), Konsep dan Makna Pembelajaran, Penerbit Alfabeta, Bandung

Sanjaya, W., (2010), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana, Jakarta

Santrock, J. W, (2007), Psikologi Pendidikan, Kencana Prenada Media Group, Jakarta

Sharan, S., (2014), The Handbook of Cooperative Learning, Istana Media, Yogyakarta

Silberman, M. L., (2007), Active Learning 101 Cara Belajar siswa Aktif, Pustaka Insan Madani, Yogyakarta

Slameto., (2010), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta

Slavin., R. E., (2005), Cooperative Learning : Teori, Riset, dan Praktik, Nusa Media, Bandung

Solichah., T. M., Trapsilo., & Yushardi, (2015), Implementasi Model Group Investigation (GI) Berbasis Masalah Kontekstual Dipadu Penilaian Proyek pada Pembelajaran Fisika di MA, Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1) : 26 - 31

Sudjana., (2002), Metode Statistika, Penerbit Tarsito, Bandung

Sudjana., (2010), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Syah, Muhibbin., (2008), Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Trianto., (2010), Model Pembelajaran Terpadu, Bumi Aksara, Jakarta

Wiratana., I. K., I Wayan Sadia., & Ketut Suma., (2013), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (Group Investigation) Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Sains Siswa SMP, e-Journal Program Pasca sarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1) : 1-12

Zaini, Hisyam., (2008), Strategi Pembelajaran Aktif, Pustaka Insan Madani, Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i2.12550

Article Metrics

Abstract view : 267 times
PDF - 164 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter