PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI BESARAN FISIKA DAN PENGUKURANNYA

Nova Srydevi Simajorang, Rappel Situmorang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi besaran Fisika dan Pengukurannya. Jenis penelitian ini adalah  quasi eksperiment. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampel total, yaitu kelas X IPA sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda yang telah divalidasi sebagai salah satu prasyarat dan observasi aktivitas belajar siswa. Berdasarkan penilaian aktivitas belajar siswa ada perbedaan aktivitas belajar siswa pada kelas ekperimen memiliki peningkatan yang semakin naik di setiap pertemuan, sedangkan aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol memiliki peningkatan yang tidak cukup naik di setiap pertemuan. Hasil pretest kedua kelas menunjukan bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan homogen, selanjutnya dilakukan uji t dua pihak diperoleh th = 0,74 dan tt = 2,002, (th < tt) hal ini menyatakan kemampuan awal kedua kelas sama.  Selanjutnya dilakukan perlakuan yang berbeda, lalu diberikan posttest diperoleh th = 9,12 dan tt = 1,671 (th > tt), hal ini menyatakan ada pengaruh yang signifikan  model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi besaran fisika dan pengukurannya di kelas X semester I SMA Swasta Santa Maria Medan T.P 2018/2019.


Keywords


quasi eksperiment; konvensional; aktivitas, hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Dimyati, & Mudjiono, (2015), Belajar Dan Pembelajaran, Rineka Cipta,Jakarta.

Dowes dan Widha, (2014), Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Problem Solving Melalui Metode Demonstrasi Dan Eksperimen Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa , Jurnal Inkuiri, Vol 3, No. III, 2014 (hal 75 – 85 ), http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sain

Hutabarat, G.D dan Sahyar(2013), Efek Model Pembelajaran Problem Solving dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA, jurnal pendidikan fisika Volume: 2 (2) Desember 2013 : (65-72)

Ihsan, F.,(1995),Dasar Dasar Kependidikan, Rineka Cipta,Semarang.

Subekti, Pri.,(2017), Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal riset dan Konseptual. Volume 2 nomor 2 Mei 2017. Diakses pada 1 mei 2017. http://www.jurnal.unublitar.ac.id/index.php/brilliant

Sulistyaningkarti,. Dkk., (2016), Pengunaan Model Pembelajaran Problem Solving Dilengkapi LKS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan , Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 5 No. 2 Tahun 2016 (1-9)

Trianto, (2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana Prenada Media Grup, Jakarta.

Warimun,. E.S., (2012), Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Fisika Pada Pembelajaran Topik Optika Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika, Jurnal Exacta, Vol. X. No. 2 Desember 2012: (11-114)

Wibowo, W., (2013), Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terintegrasi Karakter Terhadap Pembentukan Karakter Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Sub Materi Alat Ukur Dan Daya Listrik Di SMA N 1 Hinai Langkat, Jurnal INPAFI. Volume 1 Nomor 2 Juni




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v6i3.12552

Article Metrics

Abstract view : 72 times
PDF - 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter