Pengembangan Tes Objektif Higher Order Thinking Skill (HOTS) Fisika Materi Suhu dan Kalor di SMA/MA

Wilda Yati Harahap, Sahyar sahyar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal-soal tes objektif Higher Order Thinking Skill (HOTS) fisika materi Suhu dan Kalor di SMA/MA yang memenuhi kualifikasi baik, meliputi aspek validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan efektivitas pengecoh. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D), dengan model Borg dan Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas isi dari tes objektif HOTS Fisika materi Suhu dan Kalor di SMA/MA adalah Sangat Valid dengan persentase 97,56%. Ditinjau dari validitas empiris, diperoleh 32 butir soal (64%) valid dan 18 butir soal (36%) tidak valid. Reliabilitas tes tinggi, yaitu 0,72. Dari penelitian ini diperoleh tes objektif HOTS materi Suhu dan Kalor sebanyak 32 soal, meliputi 10 soal (31%) mengenai pemuaian, 9 soal (28%) mengenai hubungan alor dengan suhu benda dan wujudnya, 4 soal (13%) mengenai asas Black, dan 9 soal (28%) mengenai perpindahan kalor. Tes HOTS ini dapat digunakan sebagai tes standar untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi Suhu dan Kalor di SMA/MA.

 


Keywords


HOTS;Suhu dan Kalor; Validitas;Reliabilitas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i3.14683

Article Metrics

Abstract view : 518 times
PDF - 411 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter