PENGARUH PENGUATAN KETERAMPILAN BERTANYA DENGAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GELOMBANG BUNYI DAN CAHAYA KELAS XI SEMESTER II DI SMAS AL-WASHLIYAH 3 MEDAN T.P 2018/2019

Aisyah Juwita Lubis, Rugaya Rugaya Rugaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah hasil belajar siswa dengan model problem based instruction dengan penguatan keterampilan bertanya lebih tinggi daripada model problem based instruction tanpa penguatan keterampilan bertanya, 2) apakah terdapat interaksi antara model problem based instruction dengan penguatan keterampilan bertanya terhadap hasil belajar. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan desain analisis varians (Anava) satu jalur. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas XI semester II dengan jumlah seluruh siswa yaitu 102 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 soal. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah class random sampling. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 35,167 dan kelas kontrol adalah 36,67. Setelah pembelajaran selesai diberikan posttest dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 72 dan kelas kontrol 63,33. Analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Hasil belajar dengan model problem based instruction dengan penguatan keterampilan bertanya diperoleh nilai rata-rata sebesar 72, hal ini lebih baik daripada menggunakan model problem based instruction tanpa menguatkan keterampilan bertanya yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 63,33 dan hasil uji anava satu jalur menunjukkan bahwa hipotesis pertama Fh > Ft yaitu 2,88 > 2,76 yang berarti terdapat interaksi antara model problem based instruction dengan penguatan keterampilan bertanya terhadap hasil belajar siswa. 


Keywords


quasi eksperiment, keterampilan bertanya, problem based instruction, hasil belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i3.14685

Article Metrics

Abstract view : 229 times
PDF - 155 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter