Uji Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Momentum Dan Impuls

Emy Maria Munthe, Juru Bahasa Sinuraya

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD fisika berbasis discovery learning pada materi pokok momentum dan impuls yang layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran fisika di sekolah dan mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan LKPD yang dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA Galileo SMA Negeri 15 Medan yang berjumlah 30 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan 4D Models. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi dan ahli pembelajaran, angket penilaian guru bidang studi fisika, dan angket respon peserta didik terhadap LKPD fisika berbasis discovery learning. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Dari hasil analisis data diperoleh validasi ahli materi sebesar 93%, ahli pembelajaran 92 %, penilaian guru fisika sebesar 98% dengan masing-masing presentese tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Respon peserta didik pada uji coba terbatas dengan sampel 6 orang sebesar 86.06 % termasuk dalam kriteria sangat baik. Sedangkan pada ujicoba luas persentase respon peserta didik dengan sampel 30 orang sebesar 88% dengan kriteria sangat baik, sehingga berdasarkan hasil validasi, penilaian guru fisika dan respon peserta didik dapat disimpulkan LKPD fisika berbasis discovery learning pada materi pokok  momentum dan impuls layak digunakan dalam proses pembelajaran


Keywords


Pengembangan, LKPD, Discovery Learning, Momentum dan Impuls

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i3.14686

Article Metrics

Abstract view : 38 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter