EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY BERBASIS QUIPPER SCHOOL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS
DOI:
https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i3.14692Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scientific inquiry berbasis quipper school terhadap keterampilan proses sains pada materi momentum dan impuls kelas X semester II SMA Negeri 21 Medan T.P 2018/2019. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan Populasi penelitian kelas X MIA-4 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan dengan model pembelajaran scientific inquiry berbasis quipper school dan kelas X MIA-3 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional yang berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelilitian ini , yaitu : 1) Tes keterampilan proses sains dalam bentuk essay yang berjumlah 8 soal yang dinyatakan valid. 2) Lembar observasi keterampilan proses sains siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t. Data penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 36,90 dan nilai rata-rata kelas kontrol 32,80. Hasil uji hipotesis menggunakan Excel diperoleh bahwa keterampilan proses sains siswa dengan penerapan model scientific inquiry menggunakan media quipper school lebih baik dibandingkan dengan keterampilan proses sains menggunakan model konvensional. Keterampilan proses sains siswa setelah melakukan pembelajaran dikelas konvensional mengalami peningkatan cukup tinggi hal ini dapat dilihat dari rata-rata pretes yang awalnya 32,80 meningkat 62,18. Hasil peneliti yang didapat adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran scientific inquiry berbasis Quipper School terhadap keterampilan proses sains kelas X Semester II SMA N 21 Medan.References
Anggraini, D., P., dan Sani, R., A., (2015), Analisis
Model Pembelajaran Scientific Inquiry
dan Kemampuan Berfikir Kreatif
Terhadap Keterampilan Proses Sains
Siswa SMA, Jurnal Pendidikan Fisika,
(2): 47-54
Dhaka, A.2012. Biologycal Science Inquiry Moel
And Biology Teaching.Bookman
Intenational Journal Of Accounts,
Economics & Business Managemet, Vol 1
No 2.(http://www.bookmanjournals.com
diakses pada 21 februari 2017).
Joyce, B., Weil, M., dan Calhoun, E., (2009),
Models Of Teaching; Model-Model
Pengajaran Edisi Kedelapan, Pustaka
Pelajar, Yogyakarta
Marwoto, Y., Subagyo dan Wyanto. 2009.
Pembelajaran Dengan Pendekatan
Keterampilan Proses Sains Untuk
Meningkatkan Penguasaan Konsep Suhu
Dan Pemuaian. Jurnal Pendidikan
FisikaIndonesia 5:42-46.
Muslim, K dan Tapilouw, F.S. (2015).
PengaruhModel Inkuiri Ilmiah
TerhadapPeningkatan Keterampilan
Proses SainsSiswa Pada Materi Kalor.
JurnalEDUSAINS, VII (1), 2015, 88-
(http://journal.uinjkt.ac.id diakses
padapada 03 September 2016 )
Nasution, F., H., dan Sahyar, (2017), The Effect
Inquiry Learning Model Based on
Conceptual Change on Physics
Competence and Science Process Skill
(SPS) of Students at Senior High School,
Journal of Education Ptactice, 8(5): 120-
Nining ,K., (2016), Pengaruh Penggunaan Media
Pembelajaran Quipper School Terhadap
Minat Belajar Fisika Siswa SMA Negeri
Bulukumba. Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan, Makassar.
Rahmiati & Pianda D, (2018) Penggunaan Quipper
School Melalui Pendekatan Saintifik
Dalam Pembelajaran Matematika Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, 2(2) :
-172
Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Penilaian Autentik.
Jakarta: Bumi Aksara.
Sani, Ridwan Abdullah, Manurung R.S, Suswanto
H, Sudiran. 2018. Penelitian Pendidikan.
Tanggerang: Tira Smart.
Uma, E., R.,(2015), Pemanfaatan Quipper School
diKalangan Siswa SMA (Studi Deskriptif
tentang pemanfaatan Quipper School
Sebagai Media Pendukung Belajar Siswa
di Madrasah Aliyah Negeri Jomban)g,
Universitas Erlangga. Surabaya
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).