EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan edmodo, hasil belajar pembelajaran konvensional, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar ranah afektif dan psikomotorik serta pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan edmodo terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum dan impuls. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Batang Kuis dengan menggunakan metode quasi eksperimen dan pengambilan sampel dengan cluster random sampling yaitu kelas X IPA-3 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan edmodo dan kelas X IPA-4 sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 30 siswa. Dari perlakuan tersebut, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 60,83 dan kelas kontrol 48,83. Hasil penelitian melalui analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan yang menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan edmodo terhadap hasil belajar fisika siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, R., (2008). Learning to Teach. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Arsyad, A., (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Puji, S A. (2018). Penerapan Media Jejaring Sosial Edmodo Untuk Meningkan Hasil Belajar Fisika Dasar. Jurnal SAP. 3. (2).170-174.
Rahmawati, E., Jaenudin, R., Fitriyanti. (2015). Pengaruh Media Edmodo Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. 188 Jurnal Profit. 2. (2). 1-7.
Rahmawati, S., Wahyuni, S., Suharso P. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Edmodo Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Ha sil Belajar Siswa Kelas X Pemasaran Di SMK Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 2 (11). 108-114.
Siregar, S. K. M. dan Bukit, N., (2014). Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Menggunakan Peta Konsep dan Gaya belajar Kinestetik Terhadap Keterampilan Proses Sains Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. 3(2). 15-21.
Suriadhi, G., Tastra, K., Suwatra,W. (2014). Pengembangan E-Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Teknologi Pendidkan. 2 (1). 1-10.
Tambunan, E. dan Bukit, N., (2015), Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Pemahaman Konsep Awal Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu. Jurnal Pendidikan Fisika. 4(1).49-56.
Tobing. (1996). Fisika Dasar 1. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Trianto., (2018). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i3.14694
Article Metrics
Abstract view : 368 timesPDF - 238 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142