Efek Model Pembelajaran Scientific Inquiry dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA N 1 Percut Sei Tuan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari penerapan model pembelajaran Scientific Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok Usaha dan Energi di kelas X semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 6 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Scientific Inquiry dan kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes kemampuan berpikir kritis berjumlah 6 soal essay test yang telah divalidasi oleh 3 orang validator dan telah dilakukan uji validitas butir, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda. Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata pretest 22.57 dan nilai rata-rata posttest 78.75, Kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata pretest 22.99 dan nilai rata-rata posttest 50.46. Pada uji t dua pihak memperoleh nilai thitung < ttabel yaitu 0.38 < 2.002 maka H0 diterima, berarti kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian hasil uji t satu pihak memperoleh thitung > ttabel yaitu 10.54 > 1.671 sehingga Ha diterima, Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa adanya efek yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Scientific Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok Usaha dan Energi di kelas X semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2018/2019.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arini, w., & Juliadi, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Fisika untuk Pokok Bahasan Vektor Siswa Kelas X SMA N 4 Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Jurnal Berkala Fisika Indonesia. 10(1): 1-11.
Fuad, N. M., Zubaidah, S., Manahal, S., & Suarsini, E. (2017). Improving Junior High School’s Critical Thinking Skills Based on Test Three Different Models of Learning. International Journal of Instruction. 10(1): 101-116.
Greenwaid, R. R., & Quitadamo, I. J. (2014). Using Inquiry based Teaching to Build Critical Thinking Skills and Intellectual Engagement in an Undergraduate Neuroanatomy Course. Journal of Undergraduate Neuroscience Education. 12(2): 100-106.
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Model-Model Pengajaran. (Edisi Kedelapan).Terj. A. Fuwaid & A. Mirza. Yokyakarta: Pustaka Belajar.
Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Santos, L. F. (2017). The Role of Critical Thinking in Science Education. Journal of Education and Practice. 8(20): 159-173.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovetif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media group.
Younis, Bilal K. (2017).The Effects of Scientific Inquiry Simulations on Students Higher Order Thinking Skills of Chemical Reaction and Attitude towards Chemistry. American Journal of Educational Research. 5(11): 1158-1161.
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i3.14695
Article Metrics
Abstract view : 253 timesPDF - 204 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142