Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Pengetahuan Konseptual Siswa di Kelas X Semester II SMA Negeri 2 Sidikalang T.P 2017/2018

Juniper Toli Sidebang, Makmur Sirait

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual pada materi Fluida Statis kelas X  di SMAN 2 Sidikalang T.P. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling dengan mengambil dua kelas yaitu kelas X-MIA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-MIA 3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 31 dan 32 siswa. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes pengetahuan konseptual dalam bentuk essay sebanyak 8 soal dan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 71,61 dan kelas kontrol 60,78. Diperoleh kesimpulan bahwa pengetahuan konseptual siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe group investigation lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.


Keywords


kooperatif tipe group investigation, pengetahuan konseptual

Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W, & Krathwol D.R., (2010), Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Arends, R.I., (2008), Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar Jilid, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Heer, R., (2012), A Model of Learning Objectives, Iowa State University.

Irwan, N., & Sani, R.A., (2015), Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Teamwork Skills terhadap Hasil Belajar Fisika, Jurnal Pendidikan Fisika, 4 (1), 41-48.

Simbolon, D,H & Sahyar, (2015), Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Tebimbing Berbasis Eksperimen Riil dan Laboratorium Virtual terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21 (3).

Siregar, E., & Harahap, M.B., (2016), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Pengetahuan Konseptual Siswa SMA Muhammadyah 2 Medan, Jurnal Inpafi, 4(4).

Slavin, R.E., (2008), Kooperatif Learning: Teori, Riset, dan Praktik, Nusa Media, Bandung

Tangkas, I.M., (2012), Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMAN 3 Amlapura, Tesis, Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Trianto, (2013), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progressif. Kencana, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i3.15283

Article Metrics

Abstract view : 145 times
PDF - 104 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter