Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Pengetahuan Konseptual Siswa di Kelas X Semester II SMA Negeri 2 Sidikalang T.P 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual pada materi Fluida Statis kelas X di SMAN 2 Sidikalang T.P. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling dengan mengambil dua kelas yaitu kelas X-MIA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-MIA 3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 31 dan 32 siswa. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes pengetahuan konseptual dalam bentuk essay sebanyak 8 soal dan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 71,61 dan kelas kontrol 60,78. Diperoleh kesimpulan bahwa pengetahuan konseptual siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe group investigation lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L.W, & Krathwol D.R., (2010), Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arends, R.I., (2008), Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar Jilid, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Heer, R., (2012), A Model of Learning Objectives, Iowa State University.
Irwan, N., & Sani, R.A., (2015), Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Teamwork Skills terhadap Hasil Belajar Fisika, Jurnal Pendidikan Fisika, 4 (1), 41-48.
Simbolon, D,H & Sahyar, (2015), Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Tebimbing Berbasis Eksperimen Riil dan Laboratorium Virtual terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21 (3).
Siregar, E., & Harahap, M.B., (2016), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Pengetahuan Konseptual Siswa SMA Muhammadyah 2 Medan, Jurnal Inpafi, 4(4).
Slavin, R.E., (2008), Kooperatif Learning: Teori, Riset, dan Praktik, Nusa Media, Bandung
Tangkas, I.M., (2012), Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMAN 3 Amlapura, Tesis, Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Trianto, (2013), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progressif. Kencana, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i3.15283
Article Metrics
Abstract view : 168 timesPDF - 140 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142