Penggunaan media video eksperimen berbasis pendekatan Saintifik terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah fisika umum

Yeni Mega Lina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar  mahasiswa pada mata kuliah Fisika umum dengan materi pokok Listrik Dinamis menggunakan media video. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan menggunakan design One-Group Pretest-Posttest Design, yaitu dapat membandingkan dengan sebelum dan setelah diperlakukan. Sampel penelitian  ini adalah mahasiswa Pendidikan kimia Dik C yang mengikuti mata kuliah fisika umum. Tehnik pengumpulan data  yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket,  dokumentas dan tes hasil belajar. Dilihat dari hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan media video berbasis saintifik meningkat, hal ini berdasarkan nilai rata-rata (mean)  47,15  menjadi 65,13. Berdasarkan angket respon mahasiswa di dapatkan penggunaan video dikategorikan sangat layak digunakan dalam pembelajaran   dengan skor 3707 (86 %) Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa ada  peningkatan  hasil belajar video eksperimen berbasis  Saintifik terhadap hasil belajar  mahasiswa pada mata kuliah fisika umum


Keywords


Media video, saintifik,listrik dinamis,penelitian eksperimen

Full Text:

PDF

References


Abraham, A. 2011. Sukses Menjadi Artis dengan Youtube. Surabaya: PT Java Pustaka Group.

Agustina, Alviya dan Dian Novita. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Video untuk Melatih Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Materi Larutan Asam Basa. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1): 10-16.

Arsyad,Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta:Rajagrafindo Persada.

Erniwati,,Eso,R,Rahmia,S,. 2014. Penggunaan Media Praktikum Berbasis video dalam Pembelajaran Ipa Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada materi Pokok Suhu dan Perubahannya .Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika.Vol 10,No 3.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Hikam, Muhammad. 2005. Eksperimen Fisika Dasar: Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana.

Kustiani,M.,dkk.2012.Pengembangan media pembeljaran Fisika berbasis video.Departemen Fisika,FST,Universitas Airlangga.Surabaya.

Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru: Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Muslimin ,I,M,.2017. Pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan kelas II SD. E-jurnal prodi teknologi pendidikan.Vol VI nomor I .

Rusman. (2013). Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : Pedajogja

Sanjaya, Wina. 2012. Media KomunikasiPembelajaran.Jakarta: Kencana PrenadaMediaGroup.

Sanaky,Hujair AH.2009.Media Pembelajaran.Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Sardiman, Arief et al. 2008. Media Pendidikan.Jakarta: Rajawali.

Negeri Sunan Kalijaga.Yogyakarta.

Sanaky,Hujair AH.2009.Media Pembelajaran.Yogyakarta: Safiria Insania Press.

and Teaching Vol. 7, No. 1, March 2011.

Sudjana,NanadanAhmadRivai.2013.MediaPengajaran.Bandung:Sinar Baru Algensindo.

Sudjana,Nana.2013.Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :Sinar Baru Algensindo.

Susanto,Ahmad.2014.Teori BelajardanPembelajaranDiSekolahDasar. Jakarta:KencanaPrenadaMediaGroup.

Tipler. (2001). Fisika untuk sains dan Teknik Edisi Ketiga Jilid 2. Jakarta.Erlangga.

Young,H.D dan Freedman.2003. Fisika Universitas Jilid 2.Jakarta: Erlangga.

medianoncetaksaldi.blogspot.com/.../makalah-produksi-media-pembelajaran-non.html




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i4.15295

Article Metrics

Abstract view : 349 times
PDF - 203 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter