PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATIC) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA METHODIST-8 MEDAN

Evi Septina Uli Sihombing, Rahmatsyah Rahmatsyah

Abstract


Penelitian yang berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada materi Fluida Statis di SMA Methodist-8 Medan telah dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan two group pretest-postest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling purposive  dimana kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kreatif dalam  bentuk  essay test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t dua pihak dan uji t satu pihak. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi fluida statis.

Keywords


Kemampuan Berpikir Kreatif, Learning Cycle 5E, STEM

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v7i2.15330

Article Metrics

Abstract view : 328 times
PDF - 208 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter