Uji Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic, Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD fisika berbasis STEM pada materi pokok elastisitas dan hokum Hooke yang layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran fisika di sekolah dan mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan LKPD yang dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Medan berjumlah 15 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan 4D Models. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi dan ahli pembelajaran, angket penilaian guru bidang studi fisika, dan angket respon peserta didik terhadap LKPD fisika berbasis discovery learning. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Dari hasil analisis data diperoleh validasi ahli materi sebesar 82%, ahli pembelajaran 81%, penilaian guru fisika sebesar 90% dengan masing-masing presentese tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan pada ujicoba luas persentase respon peserta didik dengan sampel 15 orang sebesar 86,06% dengan kriteria sangat baik, sehingga berdasarkan hasil validasi, penilaian guru fisika dan respon peserta didik dapat disimpulkan LKPD fisika berbasis STEM pada materi pokok momentum dan impuls layak digunakan dalam proses pembelajaran
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman. 2015. Guru Sains Sebagai Inovator: Merancang Pembelajaran Sains Inovatif Berbasis Riset. Yogyakarta: Media Akademi.
Dimyati, Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Kemendikbud. 2013. Permendikbud No 65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud, (2013). Kurikulum 2013, Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Permendikbud nomor 65. 2013. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.
Reeve, Edward M & Avery Zanj K. 2013. Developing Effective STEM Professional Development Program. Journal of Technology Education. 25(1).
Prastowo, A., (2014),Pengembangan Bahan Ajar Tematik, Kencana Predana Group,Jakarta.
Sanjaya, W. 2011. Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Trianto, (2009), Mendesaian model Pembelajaran Inovatif-progresif, Kencana, Jakarta.
Trianto, (2011), Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitis, Prestasi Pustaka, Jakarta. Siswa Kelas X. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 3(1): 23-33.
Wilis Dahar, Ratna. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v6i1.15780
Article Metrics
Abstract view : 237 timesPDF - 190 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142