Pengembangan Media Video Berbasis Problem Based Learning (PBL), Pada Materi Teori Kinetik Gas
Abstract
Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan model pembelajaran unruk mencapai tujuan pembelajaran. Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sebagai konteks untuk para peserta didik untuk melatih siswa berfikir kritis dan ketrampilan memecahkan masalah serta memperoleh pengetahuan. Dalam kurikulum 2013 memiliki tahapan seperti : Orientasi peserta didik terhadap masalah,mengorganisasikan peserta didik,membimbing penyelidikan individu dan kelompok,mengembangkan dan menyajikan hasil karya,serta menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.Metode ini menggunakan pengumpulan data dengan cara kuesioner dan interview.Penelitian menjelaskan tentang pengembangan video pembelajaran fisika menggunakan model PBL pada materi Teori Kinetik Gas pada kelas XI.Menggunakan pengembangan model 4D.Persentase bahasa 85%,kelayakan isi 76%,kelayakan presentas 74%i dan kelayakan material 78%.Penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran video dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran siswa. Berdasarkan hasil keseluruhan pengembangan video pembelajaran fisika menggunakan model Problem Based Learning di kelas XI pada materi Teori Kinetik Gas cukup baik digunakan untuk pembelajaran.
Keywords
Pengembangan; PBL; Model Pembelajatan;Media, Teori Kinetik gas
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, S.B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Endang Mulyatiningsih. 2011. Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik.Yogyakarta: UNY Press
Kemendikbud. 2013. Permendikbud No 65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam. 37(1) 27.33
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Permendikbud nomor 65. 2013. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v6i2.18305
Article Metrics
Abstract view : 759 timesPDF - 519 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142