Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotorik pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis Teknik Peer Assessment di SMA N 10 Medan
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian aspek psikomotorik dengan teknik peer assessment pada praktikum getaran harmonis, yang memenuhi kualitas instrumen penilaian dan respon siswa terhadap instrumen yang telah dikembangkan. Instrumen penilaian aspek psikomotorik yang dikembangkan menggunakan model 4D yang meliputi 4 tahap yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian produk berupa angket yang terdiri dari kesesuaian aspek psikomotorik yang akan dinilai, aspek kebahasaan, aspek penulisan, aspek penampilan fisik, aspek waktu, dan aspek sistematika. Data penilaian produk yang diperoleh diubah menjadi data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang berupa instrumen penilaian yang sudah melalui tahap validasi dan revisi serta memiliki reliabilitas yang sangat baik sebesar 0,98 yang didalamnya berisikan kisi-kisi instrumen penilaian, rubrik penilaian, petunjuk penggunaan instrumen dan instrumen penilaian. Instrumen penilaian yang telah dikembangkan memenuhi kualitas sangat baik (SB) berdasarkan penilaian 3 praktisi pendidikan sebesar 95,36% dari skor ideal dan mendapatkan respon siswa sangat baik (SB) sebesar 87,02% dari skor ideal.
ABSTRACT
This study aims to produce a psychomotor aspect assessment instrument with the technique of peer assessment in a harmonic vibration practicum, which meets the quality of the instrument of assessment and student responses to the instruments that have been developed. Psychomotor aspects of assessment instruments developed using the 4D model which includes 4 stages, namely define (define), design (design), develop (development), and disseminate (spread). The technique of collecting data uses a product assessment sheet in the form of a questionnaire consisting of the suitability of psychomotor aspects to be assessed, linguistic aspects, aspects of writing, aspects of physical appearance, time aspects, and systematic aspects. The product assessment data obtained is converted into quantitative descriptive data. The results of the study are in the form of assessment instruments that have gone through the validation and revision stages and have very good reliability of 0.98 which includes a grid of assessment instruments, assessment rubrics, instructions for using instruments and assessment instruments. The assessment instruments that have been developed meet very good quality (SB) based on the assessment of 3 education practitioners at 95.36% of the ideal score and get excellent student responses (SB) of 87.02% of the ideal scoreABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian aspek psikomotorik dengan teknik peer assessment pada praktikum getaran harmonis, yang memenuhi kualitas instrumen penilaian dan respon siswa terhadap instrumen yang telah dikembangkan. Instrumen penilaian aspek psikomotorik yang dikembangkan menggunakan model 4D yang meliputi 4 tahap yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian produk berupa angket yang terdiri dari kesesuaian aspek psikomotorik yang akan dinilai, aspek kebahasaan, aspek penulisan, aspek penampilan fisik, aspek waktu, dan aspek sistematika. Data penilaian produk yang diperoleh diubah menjadi data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang berupa instrumen penilaian yang sudah melalui tahap validasi dan revisi serta memiliki reliabilitas yang sangat baik sebesar 0,98 yang didalamnya berisikan kisi-kisi instrumen penilaian, rubrik penilaian, petunjuk penggunaan instrumen dan instrumen penilaian. Instrumen penilaian yang telah dikembangkan memenuhi kualitas sangat baik (SB) berdasarkan penilaian 3 praktisi pendidikan sebesar 95,36% dari skor ideal dan mendapatkan respon siswa sangat baik (SB) sebesar 87,02% dari skor ideal.
ABSTRACT
This study aims to produce a psychomotor aspect assessment instrument with the technique of peer assessment in a harmonic vibration practicum, which meets the quality of the instrument of assessment and student responses to the instruments that have been developed. Psychomotor aspects of assessment instruments developed using the 4D model which includes 4 stages, namely define (define), design (design), develop (development), and disseminate (spread). The technique of collecting data uses a product assessment sheet in the form of a questionnaire consisting of the suitability of psychomotor aspects to be assessed, linguistic aspects, aspects of writing, aspects of physical appearance, time aspects, and systematic aspects. The product assessment data obtained is converted into quantitative descriptive data. The results of the study are in the form of assessment instruments that have gone through the validation and revision stages and have very good reliability of 0.98 which includes a grid of assessment instruments, assessment rubrics, instructions for using instruments and assessment instruments. The assessment instruments that have been developed meet very good quality (SB) based on the assessment of 3 education practitioners at 95.36% of the ideal score and get excellent student responses (SB) of 87.02% of the ideal scoreKeywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda, R., Asrul., & Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung. Citapustaka Media
Ermawati, S., & Taufik, H. (2017). Penilaian Autentik dan Relevansinya dengan Kualitas Hasil Pembelajaran. Jurnal Persepsi Dosen dan Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro. 27(1), 92-103
Matondang, Z. (2009). Validitas Dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS Unimed Medan. 6(1), 87-97
Permendikbud. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41. Tentang Proses Pembelajaran.
S, Eko., & Putro, W. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan (R & D). Bandung: ALFABETA
Sutrisno. (2012). Pembelajaran Fluida Menggunakan Model Jigsaw dengan Peer Assessment untuk Meningkatkan Aktivitas, Sikap Ilmiah, dan Prestasi Belajar Siswa kelas XI IPA. Jurnal of Innovative Science Education (JISE) Semarang. 1(1), 10-18
Trowbridge , L.W., & Bybee, R.W. (1973). Becoming a Secondary School Science Teacher 4th Edition. Europe; Merril Publishing Company.
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v6i2.18807
Article Metrics
Abstract view : 260 timesPDF - 199 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142