PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 8 MEDAN T.P. 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatanaktivitas dan pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimendengan populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan yang terdiri dari 12 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 12 kelas secara acak yaitu kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soalyang telah divalidkan danlembar observasi aktivitas belajar siswa. Nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri adalah 71,67 dan dengan pembelajaran konvensional adalah 64,5. Peningkatan aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri adalah 63,36 dan dengan menggunakan pembelajaran konvensional adalah 56,47 yang termasuk pada kriteria nilai rendah. Berdasarkan hasil analisis perhitungan uji t, terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v1i1.2693
Article Metrics
Abstract view : 1101 timesPDF - 618 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142