EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING DI MTS SWASTA PROYEK KANDEPAG PADA MASA PANDEMI COVID 19

rizki maulida tambusai

Abstract


Pembelajaran selama covid 19 memberdayakan pembelajaran dalam jaringan yang umum disebut pembelajaran daring. Selama 2 semester pembelajaran daring sudah berlangsung di sekolah MTS Swasta Proyek Kandepag. Memandang waktu yang berlangsung dalam pembelajran during ini maka efektifitas pembelajaran juga harus dinilai di sekolah yang melaksanakan pembelajaran during. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas pembelajaran di MTS Swasta Proyek Kandepag selama masa covid 19. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa MTS Swasta Proyek Kandepag sebanyak 283 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei yaitu memberikan angket kepada siswa yang dpat diisi secara online. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa 75% siswa menyatakan proses pembelajaran daring kurang baik dalam pelaksanaannya disekolah. Hal ini disebabkan karena sumberdaya manusia baik guru maupun siswa masih sangat rendah dalam memberdayakan tekhnologi yang dapat digunakan pada proses pembelajaran daring.


Keywords


belajar daring, effektifitas, covid 19

Full Text:

PDF

References


Andrian, S. Rizki,M. Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia

(Studi Kasus : Smk Ti Swasta Budi Agung Medan).JTIK (jurnal Tekhnik Informatika Kaputama) vol 1 no 3. 2019.

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis

Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/JIPP.V5I1.111

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online

Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.

Simatupang, N. I., Rejeki, S., Sitohang, I., Patricia, A., Simatupang, I. M., Pendidikan,

P.,Universitas, K., & Indonesia, K. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 1–7. https://doi.org/10.33541/jdp.v13i2.1754

Jagad Aditya Dewantara, T Heru Nurgiansah. Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021 Halaman 367-375




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v7i2.25744

Article Metrics

Abstract view : 157 times
PDF - 146 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter