Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Vektor Untuk SMA/MA Kelas X
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil dari pengembangan e-modul, untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan e-modul fisika berbasis pendekatan saintifik pada materi vektor untuk SMA/MA kelas X, untuk mengetahui respon guru fisika dan untuk mengetahui respon siswa terhadap e-modul dan untuk mengetahui keefektifan e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Untuk mengetahui kelayakan produk pada tahap pengembangan melibatkan dua orang validator yaitu ahli materi dan ahli media. Uji produk terdiri dari uji skala kecil dan uji skala besar. Uji coba skala besar melibatkan 36 orang siswa, uji coba skala kecil melibatkan 10 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket validitas ahli, angket respon guru dan angket respon siswa.Untuk mengetahui keefektifan e-modul dengan memberikan soal pretest dan posttest. Pada tahap validasi hasil penilaian ahli materi, mendapat persentase rata-rata yaitu 88,67% dan hasil penilaian ahli media mendapat persentase rata-rata yaitu 95,5% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian respon guru fisika, memuat 3 aspek yaitu aspek kelayakan isi, aspek kelayakan penyajian dan penilaian bahasa dengan persentase rata-rata yaitu 93%.. Hasil uji kelayakan e-modul oleh respon siswa dari angket yang diberikan baik uji skala kecil maupun skala besar mendapatkan rata-rata 95,4% dan 94,8%, hasil uji keefektifan e-modul yang diberikan kepada kelompok kecil dan besar mendapatkan N-gain sebesar 0,8 dan 0,82 Hal ini menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan menarik, sangat layak, dan efektif sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v7i4.28790
Article Metrics
Abstract view : 94 timesPDF - 77 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142