PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA MENGGUNAKAN ANDROID APPYET PADA MATERI GERAK MELINGKAR BERATURAN UNTUK KELAS X SMA

Dinda Lyani Ramadhan, Ida Wahyuni

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan E-modul Fisika MenggunakanAndroid Appyet Pada Materi Gerak Melingkar Beraturan Untuk Siswa Kelas X SMA yang layak digunakansebagai bahan ajar, dan mengetahui respon guru serta siswa terhadap e-modul. Jenis penelitian inimerupakan penelitian pengembangan atau Research and Development menggunakan model ADDIE(Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Instrument yang digunakan berupaangket validitas ahli, angket respon guru dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakanadalah kuantitatif dan kualitatif. Pada tahap validasi hasil penilaian ahli materi, mendapat persentase 91%,dan hasil penilaian ahli media mendapat persentase 97% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaianrespon guru fisika mendapat presentase yaitu 96%. Hasil uji kelayakan e-modul oleh respon siswa pada ujicoba skala kecil mendapat persentase 98% dan uji coba skala besar mendapat persentase 96%. Hal inimenunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan sangat layak sebagai bahan ajar dalam kegiatanpembelajaran.

Keywords


E-modul, Android, Appyet, Gerak Melingkar Beraturan

Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2013). Menyusun Modul.

Yogyakarta: Gava Media

Gautama, H., Bahrudin, M. J. . H., & Rochmadi,

T. (2019). Internet Marketing for Your

Business. Jakarta: PT Elex Media

Komputindo

Hanif, I. (2015). Aplikasi Android dalam 5

Menit. Jakarta: PT Elex Media

Komputindo.

Kelana, J. B., & Pratama, D. F. (2019). Bahan

Ajar IPA Berbasis Literasi Sains. Lekkas.

Limatahu, N. A., Rahman, N. A., Hayatun, S.,

Abu, N., & Cipta, I. (2017). Pengaruh

Video Praktikum Dengan Modul

Elektronik Terhadap Keterampilan Proses

Pada Materi Stoikiometri Siswa Kelas X

SMAN 2 Tidore Kepulauan The Influence

of Practicum Video with Electronic

Module Toward Process Skills for

Stoichiometry Materials of the G. 9(1),

–228.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media

Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul

Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa

SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–

Ramadhani, Y. R., Masrul, Ramadhani, R.,

Rahim, R., Tamrin, A. F., Daulay, J. S.,

Purba, A., Tasnim, Pasaribu, A. N., AB,

M. A., Agustin, T., Prianto, C., &

Simarmata, J. (2020). Metode dan Teknik

Pembelajaran Inovatif (T. Limbong (ed.)).

Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Sanjaya, R., Canggayuda, J., Gunadi, D., &

Basuna, S. (2019). Mudah Membuat

Aplikasi Pemasaran Digital 360 Derajat.

Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif,

kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usmiarti. (2018). Peningkatan Hasil Belajar

Pendidikan Kewarganegaraan

Menggunakan E-Modul. 1, 28–33.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v7i3.30508

Article Metrics

Abstract view : 304 times
PDF - 251 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter