Pengembangan E-modul Pada Materi Hukum Newton dengan Aplikasi Articulate Storyline

Chieka Mariskha Auliya Umbara, Roslina ., Roslina M

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang praktis digunakan pada pembelajaran jarak jauh dan dapat memfasilitasi siswa dalam memahami materi Hukum Newton. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model pengembangan ADDIE. Implementasi penelitian dilakukan dengan uji coba terbatas pada 20 orang siswa kelas x pada topik Hukum I Newton. Hasil uji coba terbatas menunjukan bahwa e-modul dapat membantu siswa dalam memahami materi Hukum I Newton. Berdasarkan hasil angket didapatkan respon yang positif terhadap produk e-modul pada materi Hukum Newton yang disusun dengan rata-rata persentase skor sebesar 85,5%. Hasil analisis validasi menunjukan e-modul yang disusun terkualifikasi layak pada aspek konten (87,5%) dan aspek media (86,9%). Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan sebuah e-modul pada materi Hukum Newton yang dapat digunakan sebagai sumber belajar yang praktis digunakan pada pembelajaran jarak jauh dan memfasilitasi siswa dalam memahami materi Hukum I Newton.


Keywords


Articulate storyline, E-modul, Hukum Newton

Full Text:

PDF

References


Modul 11 Pembuatan multimedia interaktif. (2020). Kemendibud.

Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

della Alifya Hastin, O., & Matematika FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN, P. (2020). PENGEMBANGAN E-MODUl MATEMATIKA BERBANTUAN SIGIL SOFTWARE DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK Skripsi Diajukan untuk Melengkapi Tugas-tugas dan Memenuhi Syarat-Syarat Guna Mendapatkan Gelar Sarjana S1 dalam Ilmu Tarbiyah.

Diah Puspitasari, A. (2019). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODUL CETAK DAN MODUL ELEKTRONIK PADA SISWA SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 2355–5785. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Donnellan, J. (n.d.). Articulate Storyline 360. In Computer Assisted Language Learning Electronic Journal (CALL-EJ) (Vol. 22, Issue 3).

Fatikhah, F. F., & Anggaryani, M. (2021). Development of Articulate Storyline-based Dynamic Fluid Learning Media For Grade XI High School Students. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 26–34. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.26-34

Latifah, N., Setyadi Kurniawan, E., kunci, K., Flipbook Maker, K., & Berpikir Kritis, K. (2020). Pengembangan e-Modul Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Development of Physics E-Modules to Improve Critical Thinking Ability of Students. In JIPS: JURNAL INOVASI PENDIDIKAN SAINS (Vol. 01). Bulan Mei. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips

Luliyarti, D. S., & Prasetyo, Z. K. (2021). Development of Inquiry-Based Multimedia Learning Module with PhET Simulation in Newton’s Law of Motion.

Megalina, Y., Sitinjak, P., Simanjuntak, R. il, Amelia, R., Wahyuni, S. S., Artia, S., Wahyuni, S., & Simbolon, Y. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI HUKUM NEWTON KELAS X SMA/MA. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 6(1).

Nabilah, C. H., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). DEVELOPMENT OF LEARNING MEDIA BASED ON ARTICULATE STORYLINE. In Indonesian Journal of Applied Research (IJAR) (Vol. 1).

Nisa, U., Yuliani, H., Syar, N. I., & Nastiti, L. R. (2021). META ANALISIS PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN SIGIL PADA PEMBELAJARAN FISIKA. In OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika (Vol. 5, Issue 1).

Nurmayanti, F., Bakri, F., Esmar, D., & Abstrak, B. (n.d.). Pengembangan Modul Elektronik Fisika dengan Strategi PDEODE pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas untuk Siswa Kelas XI SMA.

Octavia, A. D., Surjanti, J., & Suratman, B. (2021). Pengembangan Media M-Learning Berbasis Aplikasi Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2380–2391. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.797

Rahmawati, D., Yuberti, Y., & Syafrimen, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-modul Dengan Menggunakan Sigil Software Pada Materi Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 106–112. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i1.7546

Ramadayanty, M., Sutarno, S., & Risdianto, E. (2021). PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS MULTIPLE REPRSENTATION UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 17–24. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.17-24

Rezeki, S., Halim, A., Nasrullah, N., Yusrizal, Y., & Ilyas, S. (2021). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL BERBASIS SCHOOLOGY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 14–19. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7ispecialissue.887

Rivai, A., Astuti, I. A. D., Okyranida, I. Y., & Asih, D. A. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android Menggunakan Appypie dan Videoscribe pada Materi Momentum dan Impuls. Journal of Learning and Instructional Studies, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.46637/jlis.v1i1.2

Saputra, B. E., Pathoni, H., & Kurniawan, D. A. (2020). PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA MATERI GERAK LURUS.

Septikasari, A. N., Maison, M., & Nazarudin, N. (2021). Interactive E-book for Physics Learning: Analysis of Students’ Characters and Conceptual Understanding. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 4(1), 25–36. https://doi.org/10.24042/ijsme.v4i1.7664

Shidik, M. A., Felisima Tae, L., Putu, N., & Dewi, Y. A. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN PROGRAM ARTICULATE STORYLINE BAGI GURU SMP. 5(6), 3007–3015. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5392

Sunarno, W. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF TERINTEGRASI DENGAN LKS POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON TENTANG GERAK KELAS X SMA/MA (Vol. 4, Issue I). http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains

Theasy, Y., Bustan, A., Nawir, M., & Kunci, K. (2021). Penggunaan Media Laboratorium Virtual PhET Simulation untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Mahasiswa pada Mata Kuliah Eksperimen Fisika Sekolahid 2 , nawir0393@gmail.com 3. 4(2), 39–45.

Zulpar, M. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v8i2.31970

Article Metrics

Abstract view : 209 times
PDF - 193 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter