PENGEMBANGAN MEDIA UNTUK KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS E-MEDIA NEARPOD PADA MATERI HUKUM HOOKE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media kegiatan pembelajaran interaktif berbasis Nearpod dalam rangka meningkatkan motivasi belajar serta penguasaan konsep dan kompetensi siswa pada materi Hukum Hooke. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model pengembangan ADDIE, yaitu Analyze (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (pelaksanaan), dan Evaluation (pengujian). Analisis data untuk mengukur efektivitas produk dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Hukum Hooke menggunakan uji validitas produk yang diuji coba kepada siswa kelas XI SMA PGRI 3 Kota Bandung. Hasil uji coba terbatas menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran dengan berbantuan e-media Nearpod dapat memotivasi dan membantu siswa dalam meningkatkan penguasaan konsep pada materi Hukum Hooke dengan persentase sebesar 76,1%. Berdasarkan hasil angket melalui google form didapatkan respon yang positif terhadap produk media untuk kegiatan pembelajaran berbasis Nearpod pada materi Hukum Hooke yang telah dikembangkan. Pengembangan kegiatan pembelajaran berbasis media nearpod sangat layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Hukum Hooke dan dapat membantu mereka dalam belajar secara mandiri di rumah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Miler, M.D., Linn, R.L., dan Gronlund, N.E. 2012. Measurement and Assessment in Teaching. New Jersey: Pearson Higher Education.
Pribadi, B. A. 2016. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Kencana.
Purwanto, M. Ngalim. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, Nunuk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wahidmurni, Alifin Mustakawan, dan Ali Ridho, 2010. Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Latera.
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v8i1.32131
Article Metrics
Abstract view : 201 timesPDF - 165 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142