PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MAHASISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pemahaman konsep mahasiswa pada proses pembelajaran jarak jauh. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan soal sebagai instrumen penelitian. Intrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal-pilhan ganda yang mencakup pemahaman (C2) yang tersiri dari penterjemahan, penafsiran, dan mengekstrapolasi . Pengisian instrumen dilakukan secara online. Penelitian ini hanya melihat pemahaman konsep mahasiswa pada matakuliah fisika dasar. Sampel penelitian adalah mahasiswa sem ganjil T.A 2021/2022 dasar tanpa menggunakan kelas pembanding. Berdasarkan hasil data penilitian yang diperoleh dapat dilihat pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah fisika adalah sebesar 71,18. Nilai rerata 71,18 jika di konversikan ada pada kategori cukup.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Druxes & Herbar. (1986). Kompedium Didaktik Fisika (terjemahan). Bandung: CV. Remaja Karja.
Johnson, E.B. (2007). Contextual Teaching and Learning ( Menjadikan Kegiatan Belajar
Mengajar Mengasyikan dan Bermakna). Mizan Learning Center (MLC). Bandung
Mayasari, F., Dwita, D., Jupendri, J., Jayus, J., Nazhifah, N., Hanafi, K., & Putra, N.M. (2019). Pelatihan Komunikasi Efektif Media Pembelajaran Google Classroom Bagi Guru Man 2 Model Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI,3(1), 18-23.
Sudjana, N. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Cetakan kesebelas). Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.
Warpala, S. I W. 2006. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Strategi Belajar Kooperatif yang Berbeda terhadap Pemahaman dan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA SD. Disertasi tidak dipublikasikan. Malang: Program Studi Teknologi Pembelajaran PPs Universitas Negeri Malang.
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v8i2.32229
Article Metrics
Abstract view : 133 timesPDF - 140 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142