PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MAHASISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH

rizki maulida tambusai

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pemahaman konsep mahasiswa pada proses pembelajaran jarak jauh. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan soal sebagai instrumen penelitian. Intrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal-pilhan ganda yang mencakup pemahaman (C2) yang tersiri dari penterjemahan, penafsiran, dan mengekstrapolasi . Pengisian instrumen dilakukan secara online. Penelitian ini hanya melihat pemahaman konsep mahasiswa pada matakuliah fisika dasar. Sampel penelitian adalah mahasiswa sem ganjil T.A 2021/2022 dasar tanpa menggunakan kelas pembanding. Berdasarkan hasil data penilitian yang diperoleh dapat dilihat pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah fisika adalah sebesar 71,18. Nilai rerata 71,18 jika di konversikan ada pada kategori cukup.


Keywords


Pemahaman konsep, Pembelajaran jarak jauh

Full Text:

PDF

References


Druxes & Herbar. (1986). Kompedium Didaktik Fisika (terjemahan). Bandung: CV. Remaja Karja.

Johnson, E.B. (2007). Contextual Teaching and Learning ( Menjadikan Kegiatan Belajar

Mengajar Mengasyikan dan Bermakna). Mizan Learning Center (MLC). Bandung

Mayasari, F., Dwita, D., Jupendri, J., Jayus, J., Nazhifah, N., Hanafi, K., & Putra, N.M. (2019). Pelatihan Komunikasi Efektif Media Pembelajaran Google Classroom Bagi Guru Man 2 Model Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI,3(1), 18-23.

Sudjana, N. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Cetakan kesebelas). Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.

Warpala, S. I W. 2006. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Strategi Belajar Kooperatif yang Berbeda terhadap Pemahaman dan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA SD. Disertasi tidak dipublikasikan. Malang: Program Studi Teknologi Pembelajaran PPs Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v8i2.32229

Article Metrics

Abstract view : 133 times
PDF - 140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter