Uji Kelayakan E-Modul Berbasis ICARE Menggunakan Flip Pdf Profesional pada Materi Vektor

Novrika Mawarni, Jurubahasa Sinuraya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan E-Modul berbasis ICARE menggunakan bantuan Flip Pdf Profesional pada materi vektor berdasarkan hasil validasi ahli dan hasil uji coba E-Modul. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model ADDIE. Subjek uji kelayakan E-Modul adalah dosen ahli materi, ahli media dan guru fisika. Uji coba E-Modul dilakukan oleh 30 orang siswa kelas X MIA 2 dan X MIA 3 SMA Negeri 2 Tanjungbalai. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah persentase. Dari hasil penelitian E-Modul berbasis ICARE menggunakan bantuan Flip Pdf Profesional pada materi vektor diperoleh persentase hasil validasi ahli materi 97% dan ahli media 95,5% dan penilaian guru fisika 87,3% dengan masing-masing persentase tersebut termasuk dalam kriteria sangat layak/valid. Respon peserta didik setelah menggunakan E-Modul sebesar 73,73% termasuk dalam kriteria baik/praktis. Pada hasil uji coba peserta didik dilakukan pretes dan postes sehingga didapatkan nilai N-Gain sebesar 0,71 termasuk dalam kriteria efektif. Berdasarkan hasil validasi, penilaian guru dan hasil uji coba E-Modul dapat disimpulkan E-Modul berbasis ICARE menggunakan Flip Pdf Profesional layak digunakan dalam proses pembelajaran vektor.


Keywords


Pendidikan fisika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v8i2.33785

Article Metrics

Abstract view : 612 times
PDF - 501 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter