PENGARUH KONSEP ACCELERATED TEACHING MODEL MASTER TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI MAN 2 MODEL MEDAN

Yul Ifda Tanjung

Abstract


Salah satu faktor yang dapat mendukung keberhasilan kegiatan pembelajaran adalah penggunaan model pembelajaran bervariasi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Konsep Accelerated Teaching model MASTER merupakan salah satu model pembelajaran yang mengajarkan siswa memahami bagaimana cara belajar dan cara berpikir dengan penerapan langkah MASTER. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh konsep Accelerated Teaching model MASTER terhadap hasil belajar siswa di MAN 2 MODEL Medan pada materi pokok listrik dinamis dengan jenis penelitian quasi eksperimen menggunakan instrumen penelitian tes pilihan berganda. Sampel diambil dari dua kelas yang homogen sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diber perlakuan pembelajaran dengan model MASTER dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru. Berdasarkan penelitian, rata-rata nilai postes dari kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dan setelah dilakukan pengujian hipotesis uji t diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh konsep Accelerated Teaching model MASTER terhadap hasil belajar siswa  pada materi pokok listrik dinamis di MAN 2 Model Medan. Dengan melihat keberhasilan pembelajaran, maka disarankan untuk aplikasi model pembelajaran MASTER dalm pembelajaran fisika yang lain.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v1i1.2695

Article Metrics

Abstract view : 210 times
PDF - 123 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter