Modul Berbasis Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Proses Penyelidikan Siswa Pada Materi Gelombang Bunyi

Yosafat Pakpahan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis investigasi kelompok pada materi gelombang bunyi yang layak digunakan untuk proses pembelajaran fisika, mengetahui respon pengguna terhadap modul yang dikembangkan, serta mengukur keefektifan modul dalam meningkatkan pemahaman konsep dan proses penyelidikan siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dkk (1974). Penelitian ini dibatasi sampai tiga tahapan yaitu define, design, dan development. Penelitian ini dilakukan di SMAN 11 Medan dengan melibatkan 30 orang siswa kelas XI IPA5. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari Maret-April 2022. Hasil penelitian menunjukkan uji validitas atau kelayakan oleh ahli materi diperoleh persentase penilaian sebesar 86,9%, dengan kriteria penilaian kualitatif sangat layak. Penilaian ahli media diperoleh persentase penilaian sebesar 86,4%, dengan kriteria penilaian kualitatif sangat layak. Uji kelayakan dari guru diperoleh persentase penilaian sebesar 93,7%, dengan kriteria penilaian kualitatif sangat layak. Untuk uji skala kecil diperoleh persentase penilaian sebesar 86,98%, dengan kriteria penilaian kualitatif sangat layak. Uji skala besar diperoleh persentase penilaian sebesar 89%, dengan kriteria penilaian kualitatif sangat layak. Keefektifan modul dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa termasuk ke dalam kriteria tinggi, dengan nilai rata-rata gain yang didapatkan sebesar 0,80. Untuk proses penyelidikan siswa modul tergolong ke dalam kriteria baik, dengan persentase penilaian yang di dapatkan sebesar 88,1%.


Keywords


Investigasi kelompok; kelayakan modul; pemahaman konsep; proses penyelidikan

Full Text:

PDF

References


Astawan, K. W., Santyasa, I. W., Tegeh.I.M.(2013). Pengembangan Modul Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Mata Pelajaran Server Jaringan Di Smk Ti Bali Global Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 3(1).

Majid,A., & Rochman, C. (2013). Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pangesti, K.I., Yulianti, D.,& Sugianto. (2017). Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. Unnes Physics Education Journal, 6(3), 53-58.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana Predana Group.

Pratiwi, R.I., Nyeneng, I. D. P., & Wahyudi, I. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Kontekstual Berbasis Multiple Representations Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3).

Raihannil, R., & Darvina, Y. (2017). Pembuatan Lkpd Berbasis Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Invstigation ( GI ) Pada Materi Usaha , Energi Momentum Dan Impuls Fisika Kelas XI Semester 1 Staf Pengajar Jurusan Fisika, Fmipa Universitas Negeri Padang. Pillar of physics Education, (9), 161–168.

Sholikhan, S. (2017). Understanding Concepts Through Inquiry Learning Strategy. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 07(01), 97–102.

Sukiminiandari, Y.P., Budi, A.S., & Supriyati, Y. (2015). Pengambangan Modul Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Saintifik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), (4), 1–4.

Sutirman. (2013). Media & Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v9i3.37072

Article Metrics

Abstract view : 73 times
PDF - 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter