PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS JUST IN TIME TEACHING (JITT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA

Teguh Febri Sudarma, Muhammad Kadri, Yul Ifda Tanjung

Abstract


Penelitian yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah sebagai hasil belajar dan aktivitas belajar mahasiswa serta pendapat mahasiswa mengenai proses pembelajaran dengan model Inquiry Training berbasis Just In Time Teaching pada mata kuliah Fisika Umum I. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: Peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika pada mahasiswa yang mendapatkan model pembelajaran inquiry berbasis JiTT diperoleh persentase rata-rata skor dari 22,67 (38%) pada tes awal menjadi 30,97 (52%)Selanjutnya pada sikulus II terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah dari 42,00 (55%) pada tes awal menjadi 48,30 (81%).Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dari hasil tes awal diperoleh persentase nilai rata-rata untuk kriteria Polya yang paling tinggi memahami masalah yaitu 70,40 (69%) dan kriteria paling rendah yaitu memeriksa kembali (MK) 6,57 (44%). Pada siklus II terjadi peningkatan skor belajar untuk masing-masing kriteria Polya yaitu memahami masalah (MM) dari 10,40 (69%) menjadi 11,33 (76%), menyusun perencanaan (MP) dari 8,37 (56%) menjadi 11,63 (78%), melaksanakan rencana (MR) dari 7,90 (53%) menjadi 11,97 (80%), dan Memeriksa kembali (MK) dari 6,57 (44%) menjadi 11,33 (76%). Peningkatan partisipasi mahasiswa pada dari siklus I dengan skor rata-rata aktivitas  42,61 meningkat pada siklus II menjadi 75,03


Keywords


just in time teaching; pemecahan masalah,; inquiry training

Full Text:

PDF

References


Baser, M. (2006). Effect of Conceptual Change Oriented Instruction on Students’ Understanding of Heat and Temperature Concepts, Journal Maltese Education Research. Vol : 4 No. 1 2006. 64-79. Tersedia : www.educ.um.edu.mt/jmer

Bound, J & Ton, P. (2005). Handbook Problem Solving Laboratory Guide For Students . London : Departement of Materials Queen Mary University of London

Brad, A. (2011). A Study of The Problem Solving Activity in High School Student : Strategies and Self-Regulated Learning. Acta Didactica Napocensia. (Online). 4 (1): 21-30

Erceg, N., Masusic, M. & Slisko, J. (2011). Students’ Strategy for Solving Partially Specified Physics Problem. Revista Mexicana De Fisica. (Online), 57 (1): 44-50

Eric. (2003). Teaching Problem Solving Secondary School Science. Tersedia : http://www.ericfacility net/ericdigest/ed 309049 html [20 Nopember 2013]

Gavrin, A. (2006). Just In Time Teaching. Published In Metropolis Universities, 17 (4) : 9-18

Gavrin, A. Watt, J., Marrs, K., & Blake, R. (2004). Just In Time Teaching: Using The Web to Enhance Classroom Learning. Computers in Education Journal, XVI (2) : 51-59

Gaigher, E., Rogan J. M and Braun, M. W. H. (2007). Exploring The Development of Conceptual Understanding through Structured Problem-Solving in Physics. International Journal of Science Education. 29, (9), 1089-1110

Hamzah, B., Uno, (2008), Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Aktif dan Kreatif, Jakarta : Bumi Aksara.

Indrawati, (2000), Keterampilan Proses Sains, Bandung : Depdikbud-Dirjen Dikdasmen PPPG IPA.

Pical, J. Purniassa, (2004), Penggunaan Langkah Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika, Jurnal Pendidikan. Volume I No.2.

Jonassen. (2004). Learning to Solve Problems, An Instructional Desaign Guide. San Fransisco : John Wiley & Sons, Inc

Jatmiko, Budi (2003) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud

Joyce, et al, (2011). Models of Teaching. Edisi 8. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Matlin, M. E. (2009). Cognitive Psychology. Seventh Edition. International Student Version. John Wiley & Sons, Inc.

Mulyasa. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Olio, D, J., Donk, T. (2007). Models of Teaching, Connecting Student Learning with Standards. California : Sage Publication

Ornek, F., Robinson, W. R. dan Haugan, M. P. (2008). What Make Physics Difficult? . International Journal of Environmental & Science Education. 3 (1) : 30-34

Petrina, S. (2007), Advanced Teaching Methods for The Technology Classroom, Canada : Information Science Publishing

Reddish, F, E. (2002), Teaching Physics with The Physics Suite, Tersedia : www2.physics.umd.edu/~redish/Book/‎. [27 Juli 2013]

Saleh, S. (2011). The Level of B.Sc.Ed Students’ Conceptual Understanding of Newtonian Physics. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences October 2011, Vol. 1, No. 3 ISSN : 2222-6990

Selcuk, S, G., Caliskan, S., Erol, M. (2008). The Effects of Problem Solving Instruction on Physics Achievement, Problem Solving Performance and Strategy Use. Lat. Am. J. Phys. Educ, 2 (3) : 151-166. Tersedia : http://www.journal.lapen.org.mx [29 Nopember 2013]

Simkins, S., Maier, M. (2010), Just In Time Teaching : New Pedagogis and Practise for Teaching in Higher Education, Virginia : Stylus Publishing, LLC

Sudarma, Teguh febri,. (2013),Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD berbasis Just it Time Teaching Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Mata Kuliah Fisika Sekolah di Jurusan Fisika FMIPA Unimed. Jurnal Onliene Pendidikan Fisika Vol.2 Juni 2013

Sudarma, Teguh Febri,. (2015), Pengaruh Metode Just-In Time Teaching Terhadap Hasil Belajar Fisika.Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan Vol.1 No. 1 Tahun 2015. Tersedia: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jiaf/article/view/38-43

Walsh, L. N., Howard, R. G. & Bowe, B. (2007). Phenomenography Study of Students’ Problem Solving Approach in Physics. Physics Education Research. (Online). 3 (2)

Wijayanti, P.I., Mosik & Hindarto, N. (2010). Eksplorasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Cahaya dan Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 6: 1-5




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i1.3738

Article Metrics

Abstract view : 459 times
PDF - 319 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter