PENGARUH METODE JUST-IN TIME TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar mahasiswa yang diajar metode JiTT dan tanpa JiTT, (2) Hasil belajar Fisika mahasiswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi dan aktifitas belajar rendah. Dari hasil peneltian diperoleh metode JiTT dan tanpa JiTT memberikan hasil belajar yang berbeda. Dalam hal ini nilai gain rata-rata tes hasil belajar mahasiswa dengan metode JiTT sebesar 0,47 lebih tinggi dari nilai gain rata-rata hasil belajar mahasiswa tanpa JiTT sebesar 0,47. Aktivitas belajar tinggi dan aktivitas belajar rendah memberikan hasil belajar yang berbeda. Dalam hal ini gain rata-rata tes hasil belajar mahasiswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi 0,48 lebih tinggi dari pada gain rata-rata tes hasil belajar mahasiswa yang mempunyai aktivitas belajar rendah yakni sebesar 0,41. Tedapat interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar terhadap tes hasil belajar fisika sekolah pada mahasiswa.
Kata Kunci: just in time teaching, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Novak, G. 1993. http://jittdl.physics.iupui.edu/jitt/what.html.
Novak, G.1999. http://serc.carleton.edu/introgeo/justintime/index.html.
Novak, G. Gavrini, A. Cristian, W.1999. Just-in-Time Teaching: Blending Active Learning with Web Technology. http:// serc. carleton. Edu /resources /395.html
Sudarma, Teguh Febri. 2010. Pengaruh Model Just in Time Teaching (JiTT) terhadap hasil karya multimedia Jurusan Fisika.
Sudarma, Teguh Febri. 2013. Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Just in Time Teaching Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Pascasarjana Unimed
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v1i1.2688
Article Metrics
Abstract view : 460 timesPDF - 400 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142