PENGUKURAN DEBIT FLUIDA MENGGUNAKAN SENSOR FLOW BERBASIS ARDUINO PADA MATERI FLUIDA DINAMIS

Julia Maysarah Rosha, Hilda Permata, Dadi Rusdiana, Irma Rahma Suwama

Abstract


Penelitian pengembangan alat peraga pengukur debit air menggunakan sensor flow berbasis Arduino sebagai media pembelajaran fluida guna memudahkan peserta didik dalam pembelajaran Fluida Dinamis untuk mengukur debit fluida. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI PonPes Al Habibi Medan yang berjumlah 15 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, develop, implementation, evaluation). Hasil uji coba menunjukkan bahwa alat peraga ini dapat membantu peserta didik dalam memahami materi Fluida Dinamis. Berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada peserta didik, didapatkan respon positif terhadap alat peraga yang telah dibuat. Berdasarkan hasil penelitian ini, dihasilkan alat peraga pada materi Fluida Dinamis yang dapat digunkaan sebagai penunjang pembelajaran yang memudahkan peserta didik untuk memahami materi Fluida Dinamis.

Keywords


fluida dinamis, debit air, sensor ardiouno

Full Text:

PDF

References


Shidqi, Muhammad Iqbal Maulana., Mita

Anggaryani. 2020. Pengembangan Alat Peraga

Berbasis Sensor Flowmeter Untuk Menerapkan

Persamaan Kontinuitas Pada Materi Fluida

Dinamis.Jurnal IPF : Inovasi Pendidikan Fisika : Vol

No (02)

Susanti. 2013. Pengembangan Perangkat

Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Ctl Untuk

Meminimalisir Miskonsepsi Fluida Dinamis. Vol 02

No (02)

Wahyuningsih, Fita Tri. Hakim, Yusro Al. Ashari.

Pengembangan Alat Peraga Pengukur Debit

Air Menggunakan Sensor Flow Berbasis Arduino

Sebagai Media Pembelajaran Fluida.

Purwerejo:RADIASI:Jurnal Berkala Pendidikan

Fisika : Vol 12 No (01)




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v8i1.39077

Article Metrics

Abstract view : 273 times
PDF - 222 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter