Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Fisika Kelas XII

Mutia Intan Saleha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen tes dilihat dari validitas, reliabilitas, objektifitas, praktibilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran pada instrumen tes berbasis kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model ADDIE yaitu  Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 percut Sei Tuan pada kelas XII IPA 3 dengan jumlah 10 siswa kelompok kecil dan 40 siswa kelompok besar. Instrumen tes disusun dalam bentuk esai mengacu pada indikator soal, dan aspek pemecahan masalah. Berdasarkan dari uji kelompok kecil terdapat 10 dari 15 soal yang dapat di uji coba di skala besar. Uji kelompok besar diperoleh 8 soal dalam kategori valid, nilai reliabilitas sebesar 0,8 dengan katagori reliabilitas tinggi. Objektifitas isntrumen tes berada pada rentang nilai 17,50-63,33, praktibilats instrumen tes dengan presentase 88% dengan kategori praktis, tingkat kesukaran butir soal berada pada rentang nilai 0,18-0,63 dan daya beda butri soal berada pada nilai 0,10-0,52. Dapat disimpulkan dari keseluruhan hasil pengujian bahwa instrumen tes berbasis keterampilan pemecahan masalah dengan jumlah 8 soal layak digunakan dan 2 soal ditolak

Keywords


Pengembangan, Instrumen Tes, Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2013). Evaluasi pembelajaran: Prinsip, teknik, prosedur [Learning evaluation:Principles, techniques, and procedure]. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Derlina, and Melda Irmawati Sihotang. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Materi Pokok Optik Geometri Kelas X Sma St . Yoseph Medan.” Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung 423–29.

Derlina, Satria Mihardi, Alkhafi Siregar, and Abd S. 2021. “Need Assessment for Authentic Assessment In E-Learning (Schoology) Systems to Support Learning During Covid-19.”

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta.

Lestari, P. E., Purwanto, A., & Sakti, I. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Konsep Usaha Dan Energi Di Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 161–168.

Lilik, A., & Woro, S. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sma Dalam Pemecahan Masalah Pada Materi Hukum Newton. Inovasi Pendidika Fisika, 50-58

Nugroho, A. (2018). HOT (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep Pembelajaran Penilaian dan soal-soal). Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOT (Higher Order Thinking s). Tangerang: Tira Smart.

Silva, F.,A., dan Sabani. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Pemecahan Masalah Pada Materi Fluida Dinamis Di SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 70-78.

Situmorang, H. F., & Bunawan, W. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Materi Gerak Parabola. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 10(3).




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v9i2.39639

Article Metrics

Abstract view : 231 times
PDF - 172 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter