Pengembangan Alat Peraga Bandul Matematis Berbasis Mikrokontroler Sebagai Media Pembelajaran Fisika Pada Materi Gerak Harmonis Sederhana Di Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas kelayakan alat peraga bandul matematis berbasis mikrokontroler pada materi gerak harmonis sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang dapat dilakukan dengan lebih sederhana dengan melibatkan tujuh tahapan yaitu 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi produk, 5) Revisi Produk, 6) Ujicoba produk, 7) Revisi produk sehingga menghasilkan produk akhir yang layak digunakan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara dan angket. Angket kelayakan alat peraga diberikan kepada validator ahli matei, ahli media, dan guru mata pelajaran fisika. Sedangkan respon pendidik diberikan kepada seluruh guru mata pelajaran fisika di Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan sebanyak 4 guru. Hasil validasi alat peraga bandul matematis berbasis mikrokontroler oleh validator ahli materi sebesar 88,88%, validasi ahli media sebesar 84,99% dan validasi guru sebesar 86,66%. Berdasarkan hasil analisis data, produk akhir pada ujicoba lapangan di sekolah Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan telah memenuhi kriteria dengan persentase sebesar 89,16% yang berarti sangat layak untuk digunakan.
Keywords
References
friyanto, E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Alat Peraga Pada Materi Prinsip Biot Savart di SMAN 1 Prambanan Klaten, JRKPF UAD, 2(1): 20-24.
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Haryono. (2013). Pembelajaran IPA yang Menarik dan Mengasyikkan. Yogyakarta: Kepel Press.
Iqlima, N.A. & Prabowo. (2014). Pengembangan Alat Peraga Bandul Matematis untuk Melatihkan Keterampilan Proses Siswa pada Materi Gerak Harmonis Sederhana di Kelas XI SMAN 3 Tuban. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 3(2): 189-194.
Sudjana, Nana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogik.
Widiyatmoko, A. & Pamelasari, S.D. (2012). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. JPII, 1(1): 51-56.
Wulantri. & Ali, S. (2018). Pengembangan ALat Peraga Fisika Materi Induksi Elektromagnetik di Kelas XII SMA, 01(03): 179-185.
Yuberti. (2014). Penelitian dan Pengembangan yang Belum diminati dan Perspektifnya. Lampung: Al-Biruni.
Yustiandi. & Duden, S. (2017). Redesain Alat Peraga dan Lembar Kerja Percobaan Bandul Sederhana untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Bereksperimen, Prossiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 6(1)
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v7i3.42122
Article Metrics
Abstract view : 374 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142