ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SMA NEGERI KOTA MEDAN PADA MATA PELAJARAN FISIKA (MEKANIKA) DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi yang terjadi pada siswa SMA Negeri di kota Medan pada pelajaran fisika khususnya pada materi mekanika. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri di kota Medan. Sekolah yang dijadikan sampel dalam penelitian dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berdasarkan wilayah, yaitu pusat kota, tengah kota dan piggir kota masing masing adalah di SMAN 7 , SMAN 8 dan SMAN 11 Medan. Sampel kelompok responden tiap sekolah dipilih dengan mengunakan teknik Cluster Random Sapling dengan rincian SMAN 7 sebanyak 36 orang dan SMAN 8 sebanyak 38 orang dan SMAN 11 sebanyak 40 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda dengan menggunakan alasan. Soal tes diberikan sebanyak 15 soal tentang mekanika. Sebelum soal tes ini digunakan, terlebih dahulu instrument divalidasikan dengan menggunakan validasi isi. Setelah tes dilakukan di ketiga sekolah, data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode Certainty of Response Index. Hasil penelitian kepada siswa diperoleh miskonsepsi yang dialami siswa di SMAN 7 Medan kelas XI-4 sebesar 42,86%, tidak tahu konsep 40,07% dan menguasai konsep 19,07%. Di SMAN 8 Medan kelas XI-2 sebesar 47,19% mengalami miskonsepsi, 19,12% tidak tahu konsep dan 33,68% menguasai konsep. Di SMAN 11 Medan kelas XI-4 sebesar 49,67% mengalami miskonsepsi, tidak tahu konsep 31% dan memahami konsep 19,3%. Rata-rata siswa yang mengalami miskonsepsi terhadap konsep-konsep fisika masih sangat tinggi, yaitu 46,57%. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat miskonsepsi siswa terhadap fisika (mekanika) secara umum di kota ketiga sampel yang di teliti sangat tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. 2005. Metode Penelitian. Jakarta:. Rineka Cipta
Berg, E.V.D. 1991. Miskonsepsi Fisika dan Remediasi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana
Budiningsih, Asri C. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rieneka Cipta
Dahar, Ratna Wilis.1991. Teori-Teori Belajar. Cetakan kedua. Bandung: Erlangga
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan. 2009. Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi Mahasiswa Progran Studi Pendidikan FMIPA UNIMED. Medan: Unimed
Halliday, David dan Resnik.1991 . Fisika Jilid I (Terjemahan). Jakarta: Erlangga
Kasmiati, Sitti. 2005. Penggunaan Force Concept Inventory (FCI) dan Certainly of Response Index untuk Mengungkap Miskonsepsi Siswa pada Konsep Gaya. Kendari: FKIP Unhalu
Liliawaty,Winny dan Ramalis T.R. 2008. Profil Miskonsepsi Materi IPBA di SMA Dengan Menggunakan CRI ( Certainly Of Respons Index). Universitas Pendidikan Indonesia; Bandung
Mulyasa, E. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya
Nurachmandani, Setya. 2009. Fisika 1 Untuk SMA/MA Kelas X . Jakarta: Depdikbud
Suparno, Paul. 2005. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo
Supiyanto.2006. Fisika untuk SMA Kelas X. Jakarta: Phibeta
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Cetakan ke-15. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Tayubi, Y. R., (2002), Identifikasi miskonsepsi pada konsep-konsep fisika dengan menggunakan CRI (certainty of response indeks), Laporan akhir penelitian hibah Due-Like UPI tahun 2002, UPI, Bandung
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i2.4412
Article Metrics
Abstract view : 844 timesPDF - 1169 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142