PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PANGURURAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 1 Pangururan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari sembilan kelas yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang dan kelas X4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam aspek pengetahuan berbentuk essai yang terdiri dari 10 soal yang sudah divalidasi dan lembar observasi untuk mengukur keterampilan memecahkan masalah. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 20,96 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 19,34. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 63,31 sedangkan siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 46,91. Rata-rata nilai N-gain keterampilan memecahkan masalah di kelas eksperimen untuk setiap pertemuan mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di SMA Negeri 1 Pangururan T.P 2015/2016
Keywords
Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Hasil Belajar; Keterampilan
Full Text:
PDFReferences
Arends, R., (2008), Learning to Teach,
Pustaka Pelajar ,Yogyakarta.
Dewi, S., (2014), The Implementation Of Problem Based Learning In Student’s Learning Outcomes,UNIMED,Medan, Vol. 2, No. 4.
Dimyati, (2013), Belajar dan
Pembelajaran , Rineka Cipta,
Jakarta.
Sanjaya,W., (2008), Kurikulum dan
Pembelajaran, Kencana
Prenada Media
Group, Jakarta.
Setyorini, (2011), Penerapan Model
Problem Based Learning untuk
Meningkatkan Kemampuan
Berpikir Kritis Siswa SMP,
Universitas Negeri
Semarang (Unnes), Semarang.
Sutirman, (2013), Media dan Model-
Model Pembelajaran Inovatif,
GrahaIlmu, Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i3.5121
Article Metrics
Abstract view : 210 timesPDF - 101 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142