PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS

Fakhrunnisyak Fakhrunnisyak, Jurubahasa Sinuraya

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scientific inquiry terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitian  adalah seluruh siswa kelas XI Semester II SMA Negeri 20 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yang berjumlah dua kelas untuk dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan design two group pretest-postest design. Instrumen yang digunakan terdiri atas (1) tes uraian yang berjumlah 10 soal, dimana soal tersebut telah memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas, dan (2) Lembar aktivitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t, uji normalitas dan uji homogenitas sebagai prasyarat uji t telah terpenuhi. Berdasarkan analisis dan pembahasan data maka dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran scientific inquiry terhadap hasil belajar siswa, dan (2) adanya peningkatan aktivitas belajar yang lebih baik dengan menggunakan model scientific inquiry.

Keywords


model pembelajaran sciemtific inquiry; quasi eksperimen; hasil belajar dan aktivitas

Full Text:

PDF

References


Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Gusti, R.P. 2006. Upaya peningkatan mutu PBM IPA dengan memakai LKS interaktif pada siswa kelas VI SDN 8 Ganting Padang Panjang. Jurnal Guru. 1(3): 21-23

Fenny, Widiyanti dkk, (2013), Efektivitas Metode Observasi dengan LKS Word Square Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan. 2(42): 86-88

Hamalik O. (2010), Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara,

Hamdu, Ghullam dkk, (2011), Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. 12(1) : 84-85

Joice B. (2011), Models Of Teaching (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhibbin S. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sagala S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta,

Sudjana N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung PT Remaja: Rosdakarya.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif : Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: .Kencana,

Ulfa A dkk. 2013. Pengembangan LKS IPA berbasis Word Square Model Keterpaduan Connected. Jurnal Pendidikan. 2(1). 241-243

Weistein, P. 2008. What’s wrong whit this picture is what’s right with this picture. The International Journal of Learning. 13(11):85-90

Yuswarni. 2007. Penggunaan media grafis untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN 07 Silalang Biwah pada materi luas daerah segi banyak.Jurnal Guru. 4(2): 104

Zakaria E & Iksan. 2007. Promoting cooperative learning in science dan mathematics education. Eurasia Journal of Mathematics Science & Technology Education. 3(1): 35-39




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i3.5679

Article Metrics

Abstract view : 539 times
PDF - 251 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter