EFEK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS XI SMA SWASTA IMELDA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i3.7425Keywords:
Kooperatif tipe Teams Games Tournaments learning, Derect Introdaction, kemampuan pemecahan masalah, learning outcomesAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournaments dan Model Derect Introdaction, (2) Untuk mengetahui perbedaan siswa yang memiliki pemecahan masalah tinggi dengan siswa yang memiliki pemecahan masalah rendah terhadap hasil belajar, (3) Untuk mengetahui apakah ada interaksi antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams dengan Dan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pada materi pokok usaha dan energi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen, dengan desain penelitian two-group pre-tes dan post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester I SMA Swasta Imelda Medan T.A. 2015/2016 sebanyak 4 kelas (128 orang). Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA-1 dan kelas XI IPA-2 yang diambil secara Cluster random sampling, kelas XI IPA-1 diajar dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournaments (kelas eksperimen) dan kelas XI-2 diajar dengan model pembelajaran Derect Introdaction, (kelas kontrol).Data dianalisis menggunakan SPSS 21 sehingga dapat diberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji anova kemampuan pemecahan masalah siswa selama proses pembelajaran terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar siswa. Hasil pengujian menggunakan ANOVA dapat disimpulkan bahwa ada interaksi antara model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournaments dan model pembelajaran Derect Introdaction dengan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar. Dari hasil perhitungan bahwa persen peningkatan hasil belajar untuk kelas eksperimen lebih besar dari pada hasil belajar kelas kontrol. Hal ini menunjukan bahwa adanya perbedaan yang signifikan presentase hasil belajar Fisika yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournaments dengan hasil belajar Fisika yang diajar dengan model pembelajaran Derect IntrodactionReferences
Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Abu, A., & Joko, A. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Arikunto, S. 2009. Dasa“Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalyono, M. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Djaali H. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, B., & Zain, A. 2004. Starategi Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit Reneka Cipta.
Gbenro, T. 2010. Effect Of Problem-Solving Method On The Achievement In Mathematics Of Secondary School Students Of Ibadan Municipal Government Area Of Oyo State, Science Of Education, (Online), Vol 26 No. 1, (http://www. Journal Education of Teams Games Tournaments, diakses 8 Maret 2015 pukul 21 :33 WIB).
Goleman D. 2008. Pemahaman konsep. Jakarta: Bumi Aksara.
Gonen, S. 2008. The New Method Of Problem-Solving In Physics Education By Using Scorm-Compliant Content Package, Distance Edukation, (Online), vol. 9 No. 3, (http://www. Journal Education of Problem Solving, diakses 8 Maret 2012 pukul 21 :30 WIB).
Indris, J. 2010. Analisis Kritis Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Taufiqiyah Saadah.
Kanginan, M. 2006. Fisika untuk SMA Kelas X Semester I. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Omiwale Babajide, J. 2011. Relationship Between Problem-Solving Ability And Achievement In Physics Among Senior Secondary School Students In Osun State, The african Educational Research Network, (Online), vol 11 No. 1, (http://www. Journal Problem Solving, diakses 8 Maret 2012 pukul 21 :30 WIB).
Setiawan Nyoman, A. G. I. 2008. Penerapan Pengajaran Kontekstual Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X2 SMA Laboratorium Singaraja, Penelitian dan Pengembangan pendidikan, (Online), vo 2 No. 1, (http://www.Undikssha. ac.id , diakses 8 Maret 2012 pukul 21 :35 WIB
Subratha, N. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif dan Strategi Pemecahan Masalah (Problem Solving) Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kelas VIIC SMP Negeri Sukasada, Penelitian dan Pengembangan, (Online), vo 1 No. 2, (http://www.Undikssha. ac.id , diakses 8 Maret 2012 pukul 21 :38 WIB.
Manullang, B., & Sri, M. 2004. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Meltzer. 2002. The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Phisic. New York: Macmillan.
Mudjiono & Dimyanti. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Reneka Cipta.
Patricia, P. 2002. Mengelola Kecerdasan. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto, N. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ruharjo. 2012, Pemecahan masalah secara analitis dan kreatif, Sarengbudi.web.id: http;//www. Sarengbud.org/disaster.htm (Rabu, 11-04-2012 13.00 WIB)
Rusman. 2011, Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana.
Sagala. 2005, Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sardiman, A.M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Siagian. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Memahami Dasar-Elektronika di Kelas X SMK Negeri 5 Tahun Ajaran 2011/2012. Tesis tidak dipublikasika. Medan: Program Pasca Sarjana Unimed.
Sudirman. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMP Negeri 3 Satu Atap Pangkalan Susu Online), vol 1 No. 2, (http://www. Journal Team Games Tournament, diakses 8 Maret 2012 pukul 21 :30 WIB).
Sudjana. 2002. Metode Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Suprianto, W., & Ahmadi, A. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Reneka Cipta.
Syaiful, D. B., & Zain, A. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Uno, H., & Kuadrat, M. 2009. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Yantomi. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Reneka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).