PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BARUMUN TENGAH T.P 2016/2017
Abstract
Pembelajaran fisika selama ini dirasa sulit oleh para siswa. Dilihat dari masih banyaknya siswa yang memiliki nilai yang kurang memuaskan pada mata pelajaran fisika. Dengan solusinya, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas XI semester I di SMA Negeri 1 Barumun Tengah. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan two group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester I di SMA Negeri 1 Barumun Tengah yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 112 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa, dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan pada pretes dan postes adalah menggunakan instrumen tes pilihan berganda sebanyak 20 item dengan 4 option yang telah diuji validkan dan direliabelkan. Uji hipotesis menggunakan uji t. Dari hasil belajar pretes siswa sebelum diberi perlakuan, diperoleh untuk kelas eksperimen nilai rata-rata 35,75 dengan varians 224,41 dan untuk kelas kontrol nilai rata-rata 35,83 dengan varians 231,88. Uji hipotesis Pretes dengan uji t dua pihak diperoleh thitung =0,018, ttabel = 2,0201, karena -2,0201 ≤ 0,018 ≤ 2,0201 (-ttabel ≤ thitung ≤ ttabel) maka Ho diterima, dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan awal yang sama. Sedangkan hasil belajar postes siswa setelah diberikan perlakuan dengan mernerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan mind mapping pada kelas eksperimen. Diperoleh nilai postes untuk kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 78,25 dengan varians 63,88 dan kelas kontrol nilai rata-rata 67,5 dengan varians 117,39. Uji hipotesis postes dengan uji t satu pihak diperoleh thitung = 3,71 dan ttabel =2,0201, karena thitung> ttabel maka Ha dapat diterima, dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas XI SMA Negeri 1 Barumun Tengah.
Keywords
References
Strategi Mengajar Multiple Intelligences Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: Prenada Media.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Isjoni. 2010. Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.
Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi belajar-mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sinulingga dan Josevina Nadeak. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbasis Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Bunyi di Kelas VIII SMP Negeri 3 Tebing Tinggi. Medan: PMIPA-UNIMED.
Sitanggang, D. 2007. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Gaya dan Percepatan di Kelas II Semester Genap di SMP Swasta Karya Pembangunan Simbolon Samosir. Medan: FMIPA-UNIMED.
Slavin, R. 2005.Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sundayana, Rostina. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tony dan Buzan. 2004. Peta Pikiran Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i3.7758
Article Metrics
Abstract view : 373 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142