PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE ( TPS ) MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X SMA Negeri 1 Perbaungan T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan two group pretest– posttest design dimana kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar sebanyak 15 soal dalam bentuk pilihan berganda yang telah dilakukan validasi. Hasil penelitian memberikan bahwa aktivitas belajar siswa kelas eksperimen meningkat yaitu pada pertemuan I sebesar 59,3%, pertemuan II sebesar 69,2%, pertemuan III sebesar 75,7% dan pertemuan IV sebesar 82,2%. Untuk hasil belajar siswa, dari pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,381 > 1,667 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima, yang berarti ada pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Perbaungan T.P 2015/2016.
Keywords
References
Dalimunthe, A., dan Simamora, P., (2014), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa, Jurnal Inpafi 2: 144-152.
Lie, A., (2010), Cooperatif Learning, Grasindo, Jakarta.
Rambe, S.S., dan Sahyar, (2014), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantu Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII Semester II di SMP Negeri 15 Medan T.P 2012/2013, Jurnal Inpafi 2: 10-19.
Sudjana, (2005), Metoda Statistika, Tarsito, Bandung.
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i4.7759
Article Metrics
Abstract view : 207 timesUntitled - 0 times PDF - 110 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142