PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KONSEPTUAL PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SMA YAYASAN PERGURUAN AL-HIDAYAH MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan konseptual siswa akibat model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi pokok Suhu Dan Kalor di Kelas X. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester genap yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes pengetahuan konseptual yakni pilihan berganda yang terdiri atas 15 item. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel = 2,35 > 1,99, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap pengetahuan konseptual daripada pembelajaran konvensional pada materi pokok Suhu Dan Kalor Di Kelas X.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, (2012), Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.
Dimyati, M., (2009), Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.
Muhibbinsyah, (2010), Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Sanjaya, W., (2010), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana, Jakarta.
Slameto, (2010), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.
Slavin, R., E., (2008), Cooperatif Learning: Teori, Riset dan Praktik, Nusa Media, Bandung.
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i4.7777
Article Metrics
Abstract view : 110 timesPDF - 59 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142