PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok Besaran dan Satuan. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan desain two group pre-test dan pos-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Santo Yoseph Medan. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian adalah cluster random sampling, dengan sampel penelitian 2 kelas yaitu kelas X-I sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan terlebih dahulu divalidasi oleh validator. Hasil analisis data menjelaskan bahwa uji model pembelajaran berbasis masalah lebih berpengaruh meningkatkan kemampuan belajar pemecahan masalah daripada pembelajaran konvensional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, M. T., 2010, Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning, Kencana, Jakarta.
Arends, R. I., 2008, Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar) Jilid I, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
, 2008, Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar) Jilid II, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Aziz, Majed Saleem, Ahmad Nurulazam Md Zain, Mohd Ali Bin Samsudin, dan Salmiza Binti Saleh, 2014, The Effects of Problem-Based Learning on Self-Directed Learning Skills among Physics Undergraduates, International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 3, 1, 126-137.
Chen, Wen-Haw, 2013, Teaching Geometry through Problem-Based Learning and Creative Design, Proceedings of the 2013 International Conference on Education and Educational Technologies, 1, 1, 235-238.
Dimyati dan Mudjiono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, PT Rineka Cipta, Jakarta.
Djamarah, S. B. dan Zain, A., 2010, Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta.
Dwi, I.M, H. Arif, dan K. Sentot, 2013, Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbasis ICT terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9, 1, 8-17.
Eldy, Elnetthra Folly, dan Fauziah Sulaiman, 2013, Integrated PBL Approach: Preliminary Findings towards Physics Students’ Critical Thinking and Creative-Critical Thinking, International Journal of Humanities and Social Science Invention, 2, 3, 18-25.
Hamalik, O., 2012, Kurikulum dan Pembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta.
Joyce, B., Weil, M., dan Calhoun, E., 2011, Models of Teaching (Model-model Pengajaran), Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Kanginan, M., 2007, Fisika Untuk SMA Kela X Semester 2, Penerbit
Erlangga, Jakarta.
Munir, 2008, Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Alfabeta, Bandung.
Mustaffa, Najihah, dan Zaleha Ismail, 2013, Problem-Based Learning (PBL) in Schools: A meta-analysis, International Journal for Educational Studies, 1, 1, 1-6.
Rusman, 2012, Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Rajawali Pers, Jakarta.
Sanjaya, W., 2011, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana, Jakarta.
Sardiman, 2011, Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, Rajawali Pers, Jakarta.
Selcuk, Gamze Sezgin, Serap Caliska, dan Mehmet Sahin, 2013, A Comparison of Achievement in Problem-Based-Strategic and Traditional Learning Classes in Physics, International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 4, 14, 154-164.
Simone, Christina de, 2014, Problem-Based Learning in Teacher Education, International Journal of Humanities and Social Science, 4, 12, 17-29.
Slameto, 2010, Belajar dan Faktor – faktor yang Mempengaruhinya, PT Rineka Cipta, Jakarta.
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., dan Russell, J. D., 2011, Instructional Technology and Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar, Kencana, Jakarta.
Sudjana, 2005, Metoda Statistika, Tarsito, Bandung.
Trianto, 2011, Model Pembelajaran Terpadu, Bumi Aksara, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i4.7780
Article Metrics
Abstract view : 299 timesPDF - 186 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142