PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERIPOKOK KINEMATIKA GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 4 TEBING TINGGI T.P 2016/2017

Sri Novita, Ida Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi kinematika gerak lurus  di kelas X semester I SMA Negeri 4 Tebing Tinggi T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test, pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari lima kelas yaitu kelas X-IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang dan kelas X-IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa soal Essay test dalam ranah kognitif yang terdiri dari 10 soal yang sudah divalidkan oleh validator. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh rata-rata afektif dan psikomotorik masing-masing dalam kategori baik sedangkan di kelas kontrol rata-rata persentase perkembangan afektif termasuk dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 25,82 dan kelas kontrol adalah 22,38, setelah pembelajaran selesai diberikan posttest dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 79,05 dan kelas kontrol 72,8. Analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t satu pihak diperoleh thitung  > ttabel yaitu (2,55 > 1,67), artinya ada pengaruh yang signifikan penerapan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi kinematika gerak lurus  di kelas X semester I SMA Negeri 4 Tebing Tinggi T.P 2016/2017.


Keywords


model inkuiri terbimbing ;hasil belajar,;konvensional.

Full Text:

PDF

References


Joyce, (2009), Models of TEACHING Edisi kedelapan, Jakarta, Pustaka Pelajar.

Khulthau, C., Leslie, K.M., Ann, K.C., (2012),Guided Inquiry Design: a framework for inquiry in your school. California: libraries unlimited.

Purwanto, dkk,. (2013). Pembelajaran Fisika Dengan Menerapkan Model Inkuiri Terbimbing Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis Siswa di SMA Negeri 8 Bengkulu. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung.

Sofiani, E., (2011). Pengaruh model inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep listrik dinamis. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Tarigan, Henry Guntur, 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Angkasa, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i4.7781

Article Metrics

Abstract view : 171 times
PDF - 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter