PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAMS CHIEVEMENT DIVISION(STAD) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR kELAS XSEMESTER IIDI SMANEGERI 3 TEBING TINGGI

Ratelit Tarigan, Sobar Novtri Harry Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 3 Tebing Tinggi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 10 kelas secara acak yaitu kelasX-9 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-8 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dan kelas kontrol berjumlah 35 orang. Sebelum mengadakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Peneliti melakukan pretes dimana hasil rata-rata pretes dari kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 34,86 dan 35,43. Dari data pretes di uji t dengan menggunakan uji t dua pihak yang menunjukan bahwa hasil nya sama. Setelah itu peneliti melakukan KBM sebanyak 4 pertemuan, dari hasil akhir KBM peneliti mengadakan tes akhir (postes) dimana hasil rata rata dari kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 65,86 dan 71,57. Dari kelas kontrol yang tuntas 18 orang dan kelas nya tidak tuntas, sedangkan kelas eksperimen yang tuntas 24 orang dan kelas nya tidak tuntas. Kedua data kelas eksperimen dan kelas kontrol di uji dengan uji t dua pihak yang menunjukkan ada perbedaan. Perbedaan tersebut dikarenakan ada nya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD.


Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD;Pembelajaran konvensional; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Dimyati.,M ,(2006), Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta,Jakarta.

Djamarah, S,B.,(2010),Strategi Belajar Mengajar.Rineka Cipta,Jakarta.

Elisa dan Fauzi,A.,(2013), Jurnal Pendidikan Fisika. Peningkatan Pemahaman Konsep dan Aktivitas Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis LKS Terstruktur.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, (2010), Buku Pedoman Penulisan Skripsi dan Proposal Penelitian Kependidikan, FMIPA UNIMED, Medan.

Lie,A.,2010. Cooperative Learning. Penerbit P.T Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Lonn w Anderson Dkk ( 2015), Model PembelajaranCooperative Learnin. Rineka Cipta, Jakarta.

Purwanto (2011), Strategi Belajar Mengajar.Rineka Cipta,Jakarta.

Rusman, (2013), Aktifitas Belajar danPembelajaran Inovatif Remaja Bandung .

Arends, R.I., (2008), Learning To Teach, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i4.7805

Article Metrics

Abstract view : 173 times
PDF - 109 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter