PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PBM) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWADIKELAS XII SEMESTER I SMK NEGERI 1 PERBAUNGAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM), terhadap hasil belajar fisika siswa. Tujuan dan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) terhadap hasil belajar fisika siswa dengan hipotesis penelitian adalah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM). Instrument dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes yang berbentuk esay yang terdiri dari 10 item dengan nilai 10 bila menjawab benar dan nilai 0 bila menjawab salah. Sehinga nilai maksimun yang diperoleh adalah 100, dimana soal ini disusun berdasarkan KTSP. Variabel bebas penelitian ini yaitu X1 pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) dan X2 model pembelajaran konvesional. Sedangkan variable terikat yaitu Yhasil tes belajar fisika siswa. Adapun hasil penghitungan rata-rata hasil belajar fisika siswa yang menggunakan pembelajaran Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) diproleh rata-rata hitung 32,5 dan simpangan baku 48,8. Rata-rata hasil belajar fisika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata hitung 32,5 dan simpangan baku 32,5. Harga 3 dan 1,695. Dari hasil analisis data tersebut maka terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) dengan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di SMK Negeri 1 Perbaungan kabupaten Serdang Bedagai.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto .(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik, Jakarta : Bumi Aksara.
Arsyad, A.,(2007), Media Pembelajaran,PT, Grafindo Persada, Jakarta.
Marlinda, (2012), Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif dan Kinerja Ilmiah, Tesis, Undiksha Press, Bali.
Salam, B.,(2004). Cara belajar yang sukses di perguruan tinggi, jakarta : Rineka Cipta
Rusman, (2010). Model-model Pembelajaran, Jakarta : Raja Grafindo
Sudjana. (2005). Model-model pembelajaran, Bandung : Tarsito
Sabri Ahmad. (2010). Strategi Belajar Mengajar : Ciputat : Quantum Teaching
Arikunto. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana
Usman dan Husaini, P. (2011). Model-model pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara
Kusumah Wijaya dan Dwitagma Dedi. (2011). Mengenal penelitian tindak kelas, jakarta : Permata Puri Media
www.pikiranrakyat.com/cetak/2006/042006/03/99forumguru.htm
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i4.7825
Article Metrics
Abstract view : 145 timesPDF - 103 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142