PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ANIMASI KOMPUTER PADA MATA KULIAH FISIKA SEKOLAH
Abstract
Mata Kuliah Fisika Sekolah merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa program studi pendidikan fisika jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan. Mata kuliah ini mempelajari arti konsep, konsepsi, miskonsepsi, remidiasi, peta konsep serta menguasai konsep-konsep fisika yang diajarkan di sekolah, menguasai cara-cara mengatasi miskonsepsi, memberikan remidiasi dalam belajar fisika dan mampu menjelaskan penerapan konsep-konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari. Maka perlu disusun sebuah media pembelajaran yang membuat materi fisika tersebut menjadi ilmu yang mudah dipahami, di antaranya dengan memanfaatkan fasilitas-fasiliatas yang sudah ada seperti penggunaan teknologi komputer. Subjek penelitian ini adalah paket belajar Fisika berbasis komputer pokok hukum-hukum newton tentang gerak pada matakuliah fisika sekolah dengan menggunakan software Macromedia Flash 8. Paket disusun dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Program diuji oleh pakar bidang studi Fisika dan pakar media untuk mengetahui tingkat kelayakan media (program) mendapat kategori baik berdasarkan kriteria/indikator yang telah ditentukan, kemudian hasil efektifitas media terhadap hasil belajar siswa mendapat kategori baik, yang artinya penggunaan media pada mahasiswa memilki pengaruh yang signifikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.
Guardian. 2016. Pendidikan Indonesia Berada d Peringkat ke 57 Dunia Versi OECD. (https://edupost.id/international/pendidikan-indonesia-berada-di-peringkat-ke-57-dunia-versi-oecd/). Di download pada 28 April 2016.
Hanggoro, Suryo. 2009. Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Komputer Untuk
DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i4.7827
Article Metrics
Abstract view : 521 timesPDF - 285 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
P-ISSN : 2461-1247 | E-ISSN : 2477-5142