IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MORAL DAN SOSIAL: PERAN SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER DAN MORAL SISWA

Diyaul Fikri, Alya Rahmi, Hanifah Mardhiyah, Jauharah ., Khodijah May Nuri Lubis, M. Fajar Suhendra Chan, M. Nadhif Faturrahman, Suci Nur Rahma

Abstract


Pendidikan dasar sangat penting dalam membentuk karakter dan moral anak-anak pada usia Sekolah Dasar (6-12 tahun). Perkembangan sosial, moral, dan karakter anak menjadi fokus penting dalam proses pembelajaran. Perilaku anak-anak pada usia ini dapat mencakup interaksi, adaptasi terhadap norma sosial, serta pemahaman akan nilai moral. Oleh karena itu, sekolah menerapkan beberapa praktik  pendidikan moral dan sosial untuk membentuk karakter dan moral siswa yang positif seperti yang dilakukan di Sekolah Dasar Al Ittidayah Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian ini yaitu Kepala Sekolah dan Guru SD Al Ittidayah. Dari jumlah populasi tersebut, peneliti mengambil sampel dengan menggunakan teknik convenience sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu Kepala Sekolah dan guru SD Al Ittidayah. Berdasarkan hasil wawancara, Kepala Sekolah telah melakukan banyak hal seperti acara pengenalan sekolah dan pertemuan dengan orang tua untuk memastikan siswa merasa aman. Guru juga memberi contoh baik tentang nilai-nilai moral kepada siswa. Komunikasi yang baik antara sekolah dan orang tua juga membantu memantau kemajuan siswa. Meskipun beberapa siswa mengalami kesulitan, sekolah berhasil menemukan cara untuk membantu mereka tumbuh dengan baik. Hal ini menunjukkan komitmen kuat dari guru dan kepala sekolah untuk membantu siswa di sekolah itu.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF - 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.