EVALUASI KELAYAKAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS X

Wanti Br Hombing, Atika Sania Samni Nst, Tri Indah Prasasti, Inayah Hanum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan buku teks bahasa Indonesia kelas X kurikulum 2013 edisi revisi 2016 yaitu dilihat dari berdasarkan kesesuasian KD, Keaktualan Materi dan Kelayakan Bahasa. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, di mana peneliti menjabarkan setiap temuan berdasarkan rumusan masalah yang telah ditetapkan. Penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis yang dihasilkan dari observasi peneliti.   Berdasarkan hasil analisis, buku teks ini memenuhi kriteria kesesuaian dengan Kompetensi Dasar (KD), keaktualan materi, dan kelayakan bahasa. Kesesuaian KD terlihat dari materi yang disusun sesuai dengan kurikulum 2013. Keaktualan materi dievaluasi melalui relevansi konten dengan menunjukkan bahwa buku ini mengandung informasi terbaru dan kontekstual. Kelayakan bahasa dinilai dari penggunaan ejaan yang jelas. Dengan demikian, buku teks Bahasa Indonesia Kelas X Edisi Revisi 2016 ini dinilai layak digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa kelas X. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pengembangan buku teks di masa mendatang agar terus memperhatikan kesesuaian KD, keaktualan materi, dan kelayakan bahasa untuk mencapai kualitas pendidikan yang lebih baik..

Kata Kunci: Evaluasi, Kelayakan, Buku teks, Bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


Azizah, A., & Firdaus, N. (2022). Relevansi Materi Buku Teks Bahasa Indonesia Terhadap Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 240-249.

Baadilla, I., & Kaaffah, R. R. S. (2019). Kesesuaian Materi Pada Buku Teks Cerdas Berbahasa Indonesia Untuk SMA/MA Kelas X Dengan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia. Vol 01 No, 2.

Irma, C. N. (2022). Kelayakan isi dan bahasa pada buku teks bahasa indonesia di SMA Negeri 1 Sirampog. Hasta Wiyata, 5(1), 32-42

Mulawarman W.G. Susilo. .Abdullah S., (2022)., Analisis Kelayakan Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama., Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Volume 5 Nomor 3 (2022

Nurhabibah. haerudin d.,(2022).,analisis buku teks bahasa sunda kelas xi antara kikd dengan sajian materi dalam kurikulum 2013 revisi 2017 untuk kondisi khusus.,piwulang: jurnal pendidikan bahasa jawa.

Puspita,tiara.,(2022).,kelayakan buku bahasa Indonesia sma sederajat kelas x edisi revisi 2017 terbitan kemendikbud. jurnal leksis.

Sakinah, N., Sulisusiawan, A., & Abdussamad, A. (2022). Kesesuaian isi buku teks bahasa Indonesia SMK/MAK terbitan yudhistira dengan kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(5).

Sriasih, S. A. P., & Wendra, I. W. (2022). Sinkronisasi Buku Teks Bahasa Indonesia SMA/SMK Kelas X Edisi Revisi Dengan Silabus Kurikulum 2013. Mimbar Ilmu, 27(3), 377-382.

Witdianti, Y., & Adji, S. P. (2022). Analisis kesesuaian instrumen evaluasi dalam buku teks bahasa indonesia sma kelas x dengan perkembangan kognitif siswa. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 39-47.

Wulandari, G., Indriani, M. S., & Nurjaya, G. (2021). Analisis Kelayakan Isi Materi Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas XII Terbitan Kemdikbud Edisi Revisi 2018: Feasibility Analysis of the Contents of Indonesian Language Textbook for Class XII Published by the Ministry of Education and Culture, Revised Edition 2018. Journal of Digital Learning and Education, 1(3), 141-149.


Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.