ANALISIS PENGGUNAAN KLAUSA DALAM SURAT KABAR HARIAN KOMPAS EDISI 21 MARET 2024

Wanti Br Hombing, Atika Sania Samni Nst, Lawri Aulia Hasibuan, Mela E. Ambarita, Mustika Wati Siregar

Abstract


Studi dalam ilmu sintaksis mengkaji hubungan kelompok kata dan frasa, klausa dalam konstruksi sintaksis, khususnya dalam struktur frasa, klausa, dan kalimat. Artikel ini memfokuskan pada analisis penggunaan klausa dalam surat kabar Kompas edisi 21 Maret 2024, Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang digunakan untuk mengamati struktur kalimat pada konteks nyata. Selain itu, dalam penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis lebih lanjut mengenai jenis-jenis klausa. Klausa merupakan salah satu satuan sintaksis yang menjadi peranan penting bagi seluk-beluk terbentuknya kalimat, dengan penekanan khusus pada peran klausa dalam menyampaikan informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis klausa yang digunakan dalam teks berita tersebut serta memahami struktur sintaksis yang dapat mempengaruhi keberhasilan komunikasi bahasa sehari-hari. Hasil analisis menunjukkan variasi penggunaan klausa verba dalam teks berita tersebut

Kata Kunci: klausa, sintaksis, berita.

 


Full Text:

PDF

References


Amalia, R., Hamsa, A., & Saleh, M. (2022). Analisis penggunaan klausa dalam rubrik opini pada surat kabar harian Tribun Timur Makassar. BISAI: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 1(1), 28-39.

Andini, N. M., & Izzati, H. (2023). Analisis Klausa Pada Surat Kabar Harian Media Indonesia Edisi 25-27 Oktober 2022. METAMORFOSIS| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 16(1), 46-56.

Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). (2018). (n.p.): Deepublish.

Putri, R., & Yurni, Y. (2020). Struktur Klausa Dasar Bahasa Indonesia dalam Surat Kabar Republika. Islamic Manuscript of Linguistics and Humanity, 2(1), 12-21.

Qolbi, M. F., & Maulina, M. (2023). Analisis Klausa Pada Surat Kabar Kompas Dalam Rubrik Pendidikan. Bestari: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya, 1(1).

Sampoerna University. (2022). Klausa adalah: pengertian, jenis dan contohnya

Syafa A.M. Regina S. Emmya S.C.Rania N.S.Asep.P.Y.U.,(2023)., Analisis Klausa Teks Biografi pada Buku Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMA/SMK Kelas X Kurikulum Merdeka.,Jurnal Majemuk


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.