PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SDN 106162 MEDAN ESTATE
Abstract
Permasalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belaajr siswa pada pembelajaran IPAS di kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Pop-Up Book terhadap hasil belajar siswa pada materi Indonesiaku Kaya Hayatinya di kelas V SD Negeri 106162 Medan Estate T.A 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VA dan VB sebanyak 72 siswa. Instrument dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa uji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Pop-Up Book sebesar 83,33 sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 65,13. Hasil perhitungan hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,905 > 1,994. Hal ini berarti hipotesis Ha dalam penelitian ini dapat diterima dan dinyatakan bahwa terdapat pengaaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 17 timesPDF - 18 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.