ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS IV SDN 091726 SILAU DUNIA TAHUN AJARAN 2023/2024

Glori Toguma Sirait, Ibrahim Gultom

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada pembelajaran tematik dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas IV SD Negeri 091726 Silau Dunia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bagaimana kesulitan belajar siswa pada pembelajaran tematik dan faktor yang mempengaruhinya. Siswa menunjukkan sikap yang kurang wajar (Social). Pencapaian akademik siswa rendah (Academic). Kesulitan membuat pemahaman baru (Metacognition). Siswa lamban dalam memproses sesuatu (Processing speed). Siswa sulit menafsirkan apa yang dirasakan, didengar, dan dilihat (Perception). Siswa kurang perhatian dan kurang fokus dalam belajar (Attention). Terlalu banyak kegiatan yang kurang bermanfaat yang siswa lakukan sehingga sulit untuk mengingat materi pelajaran (Memory). Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhinya yaitu kurangnya perhatian dalam belajar (konsetrasi), kurangnya partisipasi dan respons siswa saat mengikuti kegiatan belajar mengajar (reaksi), lambatnya siswa dalam memahami materi (pemahaman), dan nilai ulangan yang tidak tuntas (ulangan). Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhinya yaitu pengaruh teman di lingkungan masyarakat (lingkungan sosial masyarakat).

 

Kata Kunci: Kesulitan belajar siswa, Pembelajaran Tematik

Full Text:

PDF

References


Ananda, Riski dan Fadillaturahmi. (2018). “Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di SD”, Jurnal Basicedu, 2.(2).

Arikunto. (2017). Metodeologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrori, Nurul. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Jurnal Terampil Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol 2. No 1

Hamalik. (2012). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kadir. (2015). Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Kadir. (2015). Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Maryani, Ika. (2018). Model Interversi Gangguan Kesulitan Belajar. Yogyakarta: UNY Pers.

Mulyatiningsih, Eka (2011). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Pembelajaran Matematika Melalui Sistem Pembelajaran Daring. Pekan Baru: UIR.

Nurjan, Sri. (2016). Analisis kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di SMP Negeri 12 bandung. Jurnal Axiom. Vol 7. No 1.

Priyatni, Endah. (2017). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajawali Pers

Suardi. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Supardi. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.

Urbayatum, Siti. (2019). Kesulitan Belajar dan Gangguan Psikologi Ringan Pada Anak. Yogyakarta: K-Media


Article Metrics

Abstract view : 15 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.