Prinsip Pembelajaran model Montessori, Pendidikan High Scope, Reggio Emilia, Waldorf,Bank Street, bentuk aktivitas pembelajaran di Paud

Fitri Sibarani, Aqila Nadya Shofwa, Naja Tamara, Rosa Caecilia Sitanggang

Abstract


ABSTRAK Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan landasan awal bagi anak untuk mengenal pendidikan, dimana anak mengajarkan berbagai macam pendidikan yang meliputi kognitif, sosial, emosional, dan fisik. Namun, semua itu tidak akan berjalan lancar jika tidak dilandasi oleh model pembelajaran yang tepat. Terdapat berbagai macam model pembelajaran diantaranya Montessori, High Scope, Reggio Emilia, Waldorf, dan Bank Street yang masing-masing memiliki kegiatan pembelajaran yang khas seperti Montessori yang fokus pada kegiatan mandiri, High Scope yang stres pada pembelajaran aktif dan interaksi sosial, Reggio Emilia yang menggunakan pembelajaran berbasis proyek, Waldorf yang menekankan pada imajinasi anak, dan Bank Street yang mengedepankan pembelajaran eksperiensial. Penelitian mini ini dilakukan pada tahun 2024 oleh Kelompok 5 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan untuk mengetahui format kegiatan pembelajaran di PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai bentuk kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di PAUD dan memahami peran penting pendidikan pada tahap awal tumbuh kembang anak. Penelitian ini mengkaji berbagai aspek penting dalam pendidikan PAUD, termasuk jenis kegiatan pembelajaran yang umum dilaksanakan di PAUD. Dalam penelitian kelompok 5 ini menggunakan dua metode yaitu Penelitian Kualitatif dengan pendekatan studi lapangan yang dilakukan di PAUD Arifah yang berlokasi di J. Mesjid Taufik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam jenis kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di PAUD yang mempengaruhi perkembangan kognitif dan sosial anak. Kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan minat anak akan meningkatkan keterlibatan dan motivasi anak. Keterlibatan orang tua dalam kegiatan pembelajaran anak di PAUD memberikan kontribusi positif terhadap keberhasilan kegiatan pembelajaran. Pendidik yang mampu menyesuaikan kegiatan pembelajaran dengan kebutuhan individu anak dapat lebih efektif mendukung perkembangan anak secara holistik. Tinjauan mini ini akan mendorong para pendidik, orang tua, dan pengelola PAUD untuk lebih mengembangkan berbagai kegiatan pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan minat anak, meningkatkan keterlibatan orang tua, dan menyediakan pelatihan serta sumber daya yang memadai bagi para pendidik. Kata Kunci Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Aktivitas Pembelajaran Reggio Emilia, Motessori, Bank Street, Waldorf, High Scope, Perkembangan Anak Abstrak Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan yayasan awal bagi anak-anak untuk memperkenalkan pendidikan, disana anak-anak mengajarkan berbagai macam pendidikan yang mencakup kognitif, sosial, emosional, serta fisik. Namun, semuanya tidak akan berjalan lancar jika tidak dilandasi oleh model pembelajaran yang tepat. Terdapat berbagai model pembelajaran yang mencakup Montessori, High Scope, Reggio Emilia, Waldorf, dan Bank Street yang masing-masing masing-masing memiliki aktivitas pembelajaran khas seperti Montessori yang fokus pada aktivitas mandiri, High Scope yang tekanan pembelajaran aktif dan interaksi sosial, Reggio Emilia yang menggunakan pembelajaran berbasis proyek, Waldorf yang menitikberatkan imajinasi anak, serta Bank Stret yang mengedepankan pembelajaran berbasis pengalaman langsung. Penelitian mini ini dibuat pada tahun 2024 oleh Kelompok 5 Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan untuk mengetahui format kegiatan pembelajaran di PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai bentuk kegiatan pembelajaran yang dilakukan di PAUD dan memahami pentingnya peran pendidikan pada tahap awal perkembangan anak. Kajian ini mengkaji berbagai aspek penting dalam pendidikan PAUD, antara lain, jenis-jenis kegiatan pembelajara pembelajaran yang lazim dilakukan di PAUD. Dalam penelitian, kelompok 5 menggunakan dua metode yaitu Penelitian Kualitatif dengan pendekatan studi lapangan yang dilakukan di PAUD Arifah yang terletak di Jl. Mesjid Taufik, Tegal Rejo, Kota Medan. Yang kedua menggunakan Systematic Review untuk menganalisis isi artikel yang termuat di jurnal Pendidikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan jenis kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di PAUD yang mempengaruhi perkembangan kognitif dan sosial anak. Kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan minat anak meningkatkan keterlibatan dan motivasi. Keterlibatan orang tua dalam kegiatan belajar anak di PAUD memberikan kontribusi positif terhadap keberhasilan kegiatan pembelajaran. Pendidik yang mampu menyesuaikan kegiatan pembelajaran dengan kebutuhan individu anak dapat lebih efektif mendukung perkembangan anak secara holistik. Kajian mini ini akan mendorong para pendidik, orang tua, dan pengelola PAUD untuk lebih mengembangkan beragam kegiatan pembelajaran yang menarik dan sesuai minat anak, meningkatkan keterlibatan orang tua, serta memberikan pelatihan dan sumber daya yang mampu bagi pendidik. Kata Kunci: Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Aktivitas Pembelajaran, Reggio emilia, Motessori, Bank street, Waldorf, High Scope, Perkembangan Anak Tidak ada yang lainnya lagi.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 11 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot