KURANGNYA SARANA PEMBELAJARAN KREATIF UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN OUTDOOR DAN INDOOR DI RA FATHIMATURRIDHA

Ratika Rahmi, Elya Siska Anggraini, Halimatu Zahra Turnip, Nur Ainun Luthfia, Yulia Habiba

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran outdoor dan indoor di RAFathimaturridha, termasuk tantangan yang dihadapi serta upaya yang dilakukan untukmeningkatkan kualitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatankualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan studiliteratur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran outdoor dan indoor yang diterapkantelah memberikan dampak positif terhadap perkembangan anak usia dini, seperti peningkatankemampuan motorik, sosial, dan kognitif. Namun, terdapat kendala seperti keterbatasan fasilitas,kondisi cuaca, serta masalah keamanan yang menghambat pelaksanaannya. Sekolah berupayamengatasi kendala tersebut melalui inovasi kreatif, keterlibatan orang tua, dan optimalisasi saranayang ada. Kesimpulannya, meskipun terdapat tantangan, pembelajaran di RA Fathimaturridhatelah berjalan efektif dengan pendekatan holistik yang berpusat pada kebutuhan anak. Penelitianini merekomendasikan peningkatan fasilitas dan penguatan kolaborasi antara pihak sekolah dankomunitas untuk mendukung pembelajaran yang lebih optimal

Full Text:

PDF

References


Amala, N. (2022). Pengelolaan Lingkungan Belajar Di Lembaga PAUD. Malang : Madza Media.

Eka Pamuji Rahayu,dkk. (2022). Pengelolaan Lingkungan Belajar Outdoor Sebagai Pendukung

Aktivitas Bermain Di PAUD. DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1-7.

FebriYulianti. (t.thn.). Bab IV Paparan Data, Temuan Penelitian, Dan Pembahasan .

Marwiyati, S. (2021). Pengelolaan Lingkungan Belajar Anak Usia Dini. Salatiga: Lembaga

Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN .

Risbon Sianturi,dkk. (2023). Prinsip Dan Prosedur Pengelolaan Lingkungan Belajar Di Ra

Baiturrahman, Tasikmalaya. DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1-9.

Rita Mariyana,dkk. (2013). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana Prenada media

group.

Rukmna, M. (2021). Bahan Ajar Pengelolaan Lingkungan Belajar . Pandeglang : STKIP

Babunnajah Pandeglang.

Tambunan, V. R. (2023). Pengaruh Penataan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Anak

Usia 5-6 Tahun di Tk Beringin Permai Kecamatan Sipoholon. Jurnal Pendidikan Agama

dan Teologi, 209-216.

Trianto. (2013). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik: Bagi anak Usia Dini . Jakarta:

Kencana .

Wahyuni Ismail,dkk. (t.thn.). Pengelolaan Lingkungan Pembelajaran Di Tk Kemala Bhayangkari

Gowa Sungguminasa


Article Metrics

Abstract view : 6 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot